Hebat, Guru SMK Intan Ikuti TSUP di Singapura


Arie Perdana Putra 2018-10-07 12:42:29 Pendidikan 45 kali

Irma Dessy Arianie saat berada di Temasek Foundation

INDRALAYA, Kabar28.com,- Irma Dessy Arianie, guru Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMKN 1 Indralaya Selatan (Intan) bersama 24 guru lainnya se- Indonesia terpilih mengikuti Technical Skills Upgrading Program (TSUP) di Institute of Technical Education (ITE) Singapura, 17-28 September 2018 lalu.

Dikatakan Irma, melalui kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan kompetensi para guru SMK, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan profesional TVET di Indonesia.

"Kegiatan TSUP di bidang TIPTL memiliki 4 tujuan, pertama; untuk meningkatkan kompetisi teknis melengkapi pengetahuan dan keterampilan guru TIPTL SMK, meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam menentukan sistem dan proses pembelajaran," katanya.

Tujuan kedua, sambung Irma, sebagai upaya peningkatan kompetensi guru SMK yang pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan profesional TVET di Indonesia. Ketiga, sebagai upaya peningkatan SDM yang kompeten sebagai faktor utama penggerak pertumbuhan industri dan ekonomi nasional.

"Dan yang keempat adalah sebagai upaya untuk meningakatkan pendidikan vokasi, agar dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing sesuai dengan kebutuhan dunia usaha industri," ungkapnya.

Lanjunya, hasil dari TSUP tersebut adalah, pertama; meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa inggris secara aktif. Kedua, mengenal sistem pendidikan vokasi (TVET) Singapura, terutama sistem di ITE yang merupakan lanjutan dari program secondary school, usia siswa 16-18 tahun dengan orientasi pendidikan industri, sehingga perkembangan teknologi dan pengetahuan menyesuaikan dengan perkembangan industri.

"Mempelajari sistem pembelajaran yang diterapkan pengajar selama proses pelatihan. Mempelajari sistem kelistrikan di Singapura, mempelajari peralatan switchboard dari gambar rangkaian hingga pengawatan pada komponen yang belum dimiliki dan dipelajari di sekolah," bebernya.

Masih diungkapkan Irma, selain itu,  tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengenal budaya di Singapura, mengenal guru-guru produktif TIPTL dari berbagai daerah, serta mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, untuk bersilaturrahmi serta mendapat informasi mengenai kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Singapura," pungkasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close