Wujudkan Ogan Ilir Lumbung Pangan dengan Irigasi Tenaga Surya


Arie Perdana Putra 2018-10-06 14:12:27 Ogan Ilir 30 kali

Ketua Komisi II DPRD OI bersama anggota

INDRALAYA, Kabar28.com,- Usai melakukan study banding di Desa Citeras, Lebak, Banten, Komisi II DPRD Ogan Ilir (OI) tertarik untuk mempelajari dan menerapkan Irigasi tenaga Surya.

Ketua Komisi II DPRD OI, Irwan Noviatra mengatakan, seperti diketahui kebutuhan air setiap kali menjelang panen sangat tinggi, petani selalu kewalahan, bahkan tidak sedikit petani yang menggunakan mesin genset, untuk menyalakan mesin sedot air agar sawah mereka selalu dialiri air.

"Coba kita bayangkan berapa besar pengeluaran para petani hanya untuk membeli bahan bakar untuk menyalakan mesin genset, apalagi kalau memasuki musim kemarau,” ujarnya.

Lanjutnya, Insya Allah pada tahun 2019 melalui anggaran pokok pikiran dewan, akan diupayakan teknologi tersebut diterapkan di Ogan Ilir. Karena teknlogi pompa yang ditenagai panel surya itu sangat membantu petani.

"Pengairannya menggunakan tenaga surya, aliran air dari sungai dapat diangkat untuk mengaliri sawah, sehingga petani kita bisa melakukan panen dua kali dalam satu tahun, untuk menyongsong pertanian modern dan ke depannya Insya Allah Ogan Ilir bisa menjadi daerah lumbung pangan, kalau itu bisa kita terapkan,” jelasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close