Kumpulkan Dana Rp300 Juta, Baznas OKI Lakukan Ini


Arie Perdana Putra 2018-10-04 20:32:35 Ogan Komering Ilir 38 kali

Khitan massal sedang berlangsung

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Badan Amal Zakat, infak, dan sodakoh nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil mengumpulkan Rp300 juta yang digunakan untuk manyantuni kaum dhuafa, anak yatim, fakir miskin serta mengkhitana massal gratis 50 anak dari keluarga pra sejahtera di Kecamatan Kayuagung, Kamis (4/10/2018).

Asisten I Setda OKI, H. Antonius Leonardo mengatakan, Pemkab OKI mengapresiasi kegiatan khitan massal yang digelar.

"Ini amal jariah, apalagi peserta diambil dari kalangan keluarga yang kurang mampu. Oleh karena itu kami menghimbau kepada ASN yang masih ragu menyalurkan zakat untuk jangan ragu lagi," ujarnya.

Wakil Ketua IV Baznas Sumsel, Teguh Sobri mengatakan, OKI memiliki potensi zakat yang tinggi seperti zakat profesi, perkebunan dan perikanan. Namun menurut dia, kesadaran masyarakat masih minim dalam berzakat serta, kepercayaan masyarakat kepada lembaga penghimpun zakat juga cukup rendah.

"Untuk itu, di Sumsel kita terus menggiatkan sosialiasi mengenai zakat yang mesti dibayar masyarakat. Masyarakat belum tahu besaran zakat yang dibayarkan," katanya.

Ketua Baznas OKI, H. Nazir Bayid mengungkapkan, penerimaan zakat di OKI belum maksimal karena baru sebatas zakat profesi khususnya ASN. "Kita berupaya mengumpulkan zakat, infak yang lain makanya terus disosialisasikan," jelasnya.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Kabupaten OKI, H Reswandi mengungkapkan, untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah tersebut Baznaz OKI memiliki beberapa program, antara lain OKI peduli berupa bantuan bencana alam, bedah rumah tidak layak huni, OKI Makmur berupa santunan kepada kaum dhuafa, anak yatim, OKI Cerdas berupa bantuan pendidikan bagi anak yatim dan keluarga tidak mampu, OKI Sehat, bantuan berobat gratis dan khitanan masal, OKI taqwa berupa bantuan masjid dan peribadatan. 

“Karena ke depan, dana zakat ini akan disalurkan dalam beberapa program seperti OKI Peduli, OKI Makmur, OKI Cerdas, OKI Sehat, dan OKI Takwa. Ini semua sejalan dengan program Pemkab OKI untuk menjadikan OKI yang Mandira berlandaskan iman dan takwa," ungkapnya. (humas pemkab oki)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close