KA Prabu Jaya, Alternatif Baru Transportasi Prabumulih-Palembang


Arie Perdana Putra 2018-10-02 16:30:23 Prabumulih 27 kali

Wali Kota Prabumulih, Ridho Yahya bersama jajaran

PRABUMULIH, Kabar28.com, -  Untuk memenuhi kebutuhan transportasi publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Prabumulih, sejak satu pekan terakhir PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang meluncurkan Kereta Api atau KA Prabu Jaya. Diharapkan kehadiran KA Prabu Jaya ini dapat menjadi alternatif pilihan dalam bertransportasi khususnya dengan moda kereta api.

EVP III Palembang Hendy Helmy menyampaikan, hadirnya KA Prabu Jaya merupakan komitmen PT KAI Persero untuk terus memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya Prabumulih. 

"Dengan keunggulan waktu tempuh yang lebih cepat, aman dan nyaman kami siap melayani masyarakat dengan maksimal," kata Hendy saat meresmikan KA Prabu Jaya di Stasiun Kota Prabumulih, Selasa (2/10/2018).

Hendy menjelaskan, satu trainset KA Prabu Jaya terdiri dari 4 kereta kelas eksekutif, 3 kereta bisnis dan 1 kereta yang diergunakan khusus untuk ruang makan dengan total kapasitas 392 penumpang. Bahkan masyarakat yang akan menggunakan KA Prabu Jaya dapat melakukan pembelian tiket secara langsung di stasiun keberangkatan secara go show maupun online.

"Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat membeli tiket di minimarket secara online. Bahkan untuk jadwal perjalanan 30 hari kedepan, enak kan jadwalnya bulan depan tapi sudah bisa beli tiket duluan," tutur Hendy. 

Hendy menambahkan, kedepan pihaknya berencana menambah jumlah gerbong kereta guna memenuhi kebutuhan masyarakat. "Saat ini ada empat gerbong, namun kedepan akan kita tambah lagi. Tentu penambahan gerbong tersebut tergantung sebatas mana kebutuhan masyarakat," ungkap Hendy kepada media. 

Sementara itu Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya menyambut baik hadirnya moda transportasi anyar tersebut. Menurut Ridho, KA Prabu Jaya sebagai salah satu alternatif masyarakat Prabumulih menggunakan jasa moda transportasi. 

"Tentu, apa yang sudah dilakukan PT KAI ini perlu diapresiasi. Saya sebagai Walikota Prabumulih turut bangga dengan hadirnya KA Prabu Jaya. Ini bisa menjadi alternatif masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi, dan diharapkan bisa menjadi alat transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat," ungka Ridho. 

Terkait masalah tarif, Ridho menilai saat ini besaran tarif yang dikeluarkan pihak PT KAI sedikit tinggi. Untuk itu ia menyarankan agar pihak PT KAI dapat mengurangi atau mengevaluasi kembali terkait kebijakan tarif yang diberlakukan saat ini. 

"Saran saya alangkah baiknya jika PT KAI sedikit mengurangi tarif yang telah ditentukan sekarang. Ini kan baru beroperasi dan antusias warga masih tinggi, nanti jika sudah lama beroperasi baru dinaikkan sedikit demi sedikit," tutur Ridho.

Untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat masyarakat, saat ini PT KAI memberikan tarif promo sebesar Rp45 ribu rupiah untuk kelas eksekutif dan Rp35 ribu rupiah untuk kelas bisnis. 

Sementara untuk keberangkatan sendiri, kereta api dengan rute Kertapati-Prabumulih dijadwalkan berangkat pukul 06.20 dengan perkiraan jarak tempuh ketujuan sekitar pukul 07.45 Wib setiap harinya, sedangkan untuk rute Prabumulih-Kertapati dijadwalkan berangkat pada pukul 09.00 dan sampai ke tujuan sekitar pukul 10.21 WIB. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close