Petani di Banyuasin Didorong untuk 2 Kali Panen


Arie Perdana Putra 2018-09-27 20:36:17 Banyuasin 107 kali

Tabur Benih Massal

PANGKALAN BALAI, Kabar28.com,- Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI, mengunjungi Desa Daya Muara Sugihan dan Desa Damarwulan, Kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin, Kamis (27/9/2018).

Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono mengatakan, petani yang punya lahan rata-rata menanam padi 1 kali kini didorong menjadi 2 kali. "Potensi lahan di sini ada 3000 hektar yang siap tanam, target bulan September minimal 5000-6000 hektar yang ditetapkan pemerintah pusat," katanya.

Ditambahkannya, di Kecamatan Air Salek pihaknya akan menguji coba alat Artabella Modifikasi Traktor (Amator). Artabela adalah alat tanam benih langsung, tujuannnya untuk menanam benih melalui tabur khususnya pada lahan pasang surut.

"Ada 21 ribu hektar lahan yang siap diolah, yang sudah ditanam baru 5000 hektar. Babinsa dan masyarakat menggarap 4000 hektar, sisanya 6000 hektar akan ditanam di bulan Oktober, target untuk Kabupaten Banyuasin 80 ribu hektar," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Sumsel, Erwin Noorwibowo menambahkan, pihaknya akan berusaha agar percepatan tanam dapat berjalan sukses, karena diharapkan petani dapat panen lebih cepat agar mendapatkan harga lebih tinggi dari biasa.

"Kesempatan petani untuk IP 200 melaksanakan 2 kali panen lebih terbuka. Karena Banyuasin merupakan penyumbang 1.4 juta ton produksi beras di Sumsel," ujarnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close