Presiden Jokowi Minta Tol Desari Tembus ke Bogor Tahun Depan


Lia Cikita 2018-09-27 19:08:56 Ekonomi 41 kali

Tol Depok-Antasari Seksi 1 (Foto: istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Presiden Joko Widodo menginginkan agar jalan Tol Depok-Antasari bisa segera tersambung hingga Bogor. Dirinya pun menargetkan pembangunan jalan Tol Desari bisa terhubung seluruhnya hingga Bogor pada tahun 2019 mendatang.

Seperti diketahui, jalan Tol Desari sendiri ditargetkan bisa tembus hingga ke Bogor pada tahun 2021. Namun, Direktur Utama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tito Sulistio diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pengerjaannya.

"Saya berharap, tadi disampaikan Pak Tito, yang sampai sawangan masih nunggu sampai tahun 2019, sampai bogornya 2021, ya semuanya sampai 2019 aja jangan lama-lama," ujarnya dalam acara peresmian jalan tol Depok Antasari Seksi I di Gerbang Tol Cilandak Utama, Jakarta, Rabu (27/9/2018).

Lebih lanjut, Menurut Jokowi, adanya jalan tol ini diharapkan bisa mempercepat mobilitas orang dan juga barang. Apalagi jika nantinya sudah tersambung hingga ke Bogor. 

"Kita harapkan ini nanti akan mempercepat mobilitas orang atau barang dari Jakarta menuju ke Depok," ucapnya.

Sebagai informasi, Pembangunan Tol Desari terbagi dalam tiga seksi yaitu, seksi I ruas Antasari Brigif/Cinere sepanjang 5,80 Km seksi II ruas Brigif Sawangan sepanjang 6,30 Kr dan seksi li Sawangan - Bojong Gede, Bogor sepanjang 9,5 Km Total panjang keseluruhan ruas tol Depok Antasari yaitu 21,60 Km.

Jalan Tol Depok Antasari rencananya juga akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road hingga Ciawi dengan cenambahan ruang lingkup Rojong Gede -Salabenda sepanjang 6,5 Km. Pelayanan transaksi seluruhnya akan menggunakan non-tunai le-payment) melalui Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan GTO Multi golongan dengan menggunakan empat operator bank yaitu, Bank Mandri, Bank BNI, Bank BRI dan BCA.

Jumlah fasilitas pendukung juga telah tersedia yaitu Unit Pelayanan Lalu Lintas sepeti mobil patroli, ambulans, rescue, derek dan Patroi Jalan Raya (PJR). Untuk memantau kelancaran arus lalu lintas dan keamanan, Tol Desari juga memiliki pelayanan Sentral Komunikasi (Senkom). Layanan ini dilengkapi dengan 81 CCTV yang tersebar disepanjang ruas jalan tol setiap jarak 500 meter dan lokasi penting lainnya seperti di gerbang tol dan simpang susun.

Pemantauan juga dilengkapi dengan radio komunikasi dan telepon untuk memudahkan para pengguna ja an tol menghubungi petugas terkait arus lalu lintas Tol Depok Antasari dibangun mulai tahun 2014 merupakan jalan tol penghubung Jakarta, Depok dan Bogor, serta terintegrasi dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jakarta Outer Ring Road Il (JORR 11).

Khusus untuk Seksi I Antasarl - Brigif/Cinere melintasi lima kelurahan di kawasan Jakarta Selatan dan dua kelurahan di Kota Depok. Pengusahaan tol dilakukan PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CVNP) Sekilas Tentang PT, Citra Waspphutowa PT. Citra Waspphutowa berdiri tahun 2006 dan merupakan pemegang hak konsensi atas pengelolaan ruas jalan Tol Depok Antasarl (Desari).

Masa konsesi pengelolaan jalan Tol Depok Antasari berlangsung selama 40 tahun hingga tahun 2056. Saat ini saham PT. Citra Waspphutowa mayoritas dimiliki PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) sebesar 62,50 % , PT Waskita Toll Road sebesar 25 % dan PT Pembangunan Perumahan ( Persero ) sebesar 12,50%.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close