Sempat Tertunda karena Asian Games, Ini Kabar Terbaru dari Proyek MRT Jakarta


Mutiara Safitri 2018-09-27 12:56:02 Ekonomi 37 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Pembangunan konstruksi proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase satu yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bundaran HI saat ini sudah mencapai 96,53%. Angka tersebut mengalami kemajuan dibandingkan progres fisik per akhir Agustus lalu yang hanya sekitar 95,97%.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan perkembangan tersebut terdiri dari pembangunan stasiun layang (elevated) 95,36%. Sedangkan untuk stasiun bawah tanah (underground) sudah mencapai 97,71%.

"Progres konstruksi itu sampai hari ini sekitar 96,53% progres konstruksi dari depo dan elevated section 95,36%. Di bawah tanah kita 97,71%," ujarnya dalam acara paparan di Plaza UOB Jakarta, Kamis (27/9/2018).

William mengaku seluruh proyek berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. Meskipun beberapa waktu lalu pembangunannya sempat terhambat karena adanya event Asian Games 2018.

Adapun target pengoperasian MRT Jakarta adalah pada pertengahan Maret 2019. Artinya mulai hari ini hingga pengoperasian nanti masih ada waktu untuk berbenah.

"Sempat terhambat karena ada Asian Games membuat beberapa pekerjaan tidak dapat dilaksanakan. Tetapi setelah penutupan langsung dikebut. Kita ingin ontime untuk operasi Maret 2019 dapat dijaga," jelasnya.

William menambahkan dengan semakin dekatnya waktu pengoperasian dari MRT Jakarta, sambil menyelesaikan pengerjaan konstruksi, pihaknya juga tengah fokus untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana operasional. Salah satu yang tengah dijalani saat ini adalah bagiamana uji coba sistem terhadap kereta MRT Jakarta.

Selain itu beberapa kereta juga akan didatangkan kembali dalam waktu dekat. Pada bulan ini akan didatangi 3 set kereta lagi dan 3 kereta lagi pada bulan berikutnya.

"Saat ini total sudah ada 6 set kereta. Bulan ini akan datang 3 set, bulan depan 3 set, bulan depan terakhir 4 set kereta dynamic tes sudah kita lakukan di 17 September," jelasnya.

Sebagai informasi, kereta MRT Jakarta yang akan beroperasi pada Maret 2019 mendatang merupakan jalur Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia (HI). MRT Jakarta tahap satu ini nantinya akan melewati 13 stasiun, antara lain Stasiun Lebak Bulus, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, hingga Stasiun Blok M.

Selanjutnya, perjalanan berlanjut hingga Stasiun Sisingamangaraja, Stasiun Senayan, Stasiun Istora, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas dan yang terakhir Stasiun Bunderan HI.

Perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Bunderan HI diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Waktu tempuh yang lebih cepat serta kenyamanan dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close