8 Alasan Mengapa Pertumbuhan Rambut Jadi Lambat


Lia Cikita 2018-09-24 21:06:06 Kesehatan 30 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Sebagian dari mereka mendambakan rambut yang sehat, tebal, dan panjang. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan rambut yang diinginkan. Tetapi secara tidak sadar kebiasaan tersebut dapat membuat rambut rusak.

Rambut seharusnya tumbuh minimal setengah inci per-bulan. Pertumbuhan ini bisa terjadi lambat karena beberapa faktor, salah satunya adalah masalah kerusakan rambut seperti rambut kering, kasar dan rapuh. Mengutip dari Styecraze, Senin (24/9/2018), ada beberapa faktor lain yang perlu kamu ketahui kenapa pertumbuhan rambut kamu lambat.

Kulit kepala tidak sehat

Minyak dan produk perawatan berat yang dipakai dapat menyumbat pori-pori kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala juga perlu bernapas. Cobalah untuk menggunakan minyak esensial alami yang dapat merawat rambut hingga ke akar tanpa menyumbat pori-pori kepala.

Memanjangkan rambut

Ternyata memanjangkan rambut dapat membuat rambut rusak loh. Ini karena kurangnya kelembapan pada rambut hingga membuat rambut bercabang. Penting untuk memangkas rambut kamu setiap 10-12 minggu untuk menghindari rambut bercabang dan menjaga kelembapan rambut.

Faktor umur

Seiring bertambahnya usia, rambut cenderung menjadi lemah. Hal ini yang membuatnya tampak lebih tipis. Produksi minyak di kulit kepala juga mulai melambat dan rambut menjadi lebih kasar. Selain itu, stres juga dapat dikaitkan dengan rambut rontok dan penurunan kualitas rambut.

Sering mencatok rambut

Sering mengubah gaya rambut dapat menyebabkan rambut rusak, seperti ujung bercabang, kering, dan rontok. Suhu tinggi yang biasa digunakan pada alat perawatan rambut akan merusak kutikula dari batang rambut dan memperlambat pertumbuhan. Gunakan selalu produk pelembab atau serum rambut untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Faktor genetika

Setiap orang memiliki siklus pertumbuhan yang berbeda-beda, termasuk pada rambut. Nah, jika rambut kamu sehat tetapi lambat untuk tumbuh, bisa jadi hal tersebut karena faktor genetika.

Diet yang salah

Segala sesuatu yang kita makan pasti akan berpengaruh paa tubuh, termasuk rambut. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah rambut yang serius. Untuk kamu yang sedang diet cobalah untuk menjaga diet dengan pola makan yang sehat, diperkaya nutrisi dan cukup air untuk mencegah dehidrasi.

Pengaruh obat

Jika kamu sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, hal ini bisa menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan rambut. Konsultasikan dengan dokter mengenai asupan vitamin. Vitamin B12 dan zinc dapat membantu menjaga kualitas pertumbuhan rambut.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close