Raih Opini WTP 7 Kali Berturut-turut, Pemkab OKI Terima Penghargaan


Arie Perdana Putra 2018-09-20 17:18:23 Nasional 34 kali

Sekda OKI usai menerima penghargaan

JAKARTA, Kabar28.com,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai Pemda yang sering meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan itu diberikan atas raihan Opini WTP dari BPK RI selama 7 kali berturut-turut.

Sekretaris Daerah OKI H. Husin mengungkapkan, raihan opini WTP menggambarkan akuntabilitas kinerja dalam laporan keuangan dan hasil kerja di lapangan, terwujudnya pembangunan yang dirasakan masyarakat OKI.

"Kita bersyukur mendapatkan penghargaan WTP, yang merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada Pemkab OKI atas kepatuhan Pemda dalam melaksanakan keuangan negara, dan komitmen kepala daerah agar setiap OPD bekerja berdasarkan aturan atas kinerja keuangan pemerintah agar tidak ditemukan hal yang tidak wajar (disclaimer)dalam pengelolaan keuangan daerah," kata Husin usai menerima Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada saat pembukaan Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (21/9/2018).

Husin mengungkapkan, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara tetap penting. Namun yang lebih penting lagi yaitu bagimana dampak belanja terhadap ekonomi, terutama kesejahteraan masyarakat.

"Pencapaian opini atas laporan keuangan itu bukan tujuan akhir. Yang kita perjuangkan agar opini WTP (wajar tanpa pengecualian) berkorelasi dengan kinerja pembangunan daerah," Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD Kabupaten OKI Munim mengungkapkan, perencanaan, pengorganisasian, hingga pelaksanaan anggaran, termasuk evaluasi keuangan dan evaluasi kinerja, di Pemkab OKI dikerjakan secara efektif, efisien, dan berkeadilan.

"Mudah-mudahan hasil akhir yang dirasakan masyarakat berupa ouput danoutcome itu betul-betul menggambarkan anggaran yang kita anggarkan untuk didayagunakan bagi pembangunan masyarakat OKI," tuturnya. (humas oki)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close