Mitos Nasi merah dan Putih Mana yang Lebih Baik? Ini Kata Dokter!


Lia Cikita 2018-09-19 20:16:21 Kesehatan 34 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Perdebatan  mengenai nasi putih dan nasi merah memang tak ada habisnya. Ada yang menilai nasi putih lebih baik dibandingkan nasi merah, namun tak sedikit pula yang menyatakan sebaliknya.

Jika ditelaah secara umum, nasi putih lebih mudah ditemui di berbagai rumah makan dan restoran ketimbang nasi merah. Nasi putih menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia yang cocok untuk disantap dengan berbagai jenis lauk pauk.

Banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, lebih memilih mengonsumsi nasi merah ketimbang nasi putih. Mereka meyakini, nasi merah lebih efektif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi karbohidrat.

Namun, apakah mitos itu memang nyata kebenarannya? Spesialis Gizi Klinik, menjelaskan, nasi merah memiliki kadar serat yang relatif lebih tinggi dibandingkan nasi putih.,

Alhasil, seseorang hanya cukup mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit agar bisa membuat perut menjadi kenyang.

“Nasi merah kayak sekali akan serat. Sehingga dari teksturnya pun nasi merah sudah sangat padat dan serat saat dimakan. Sebenarnya nasi merah bagus untuk dikonsumsi, namun bagi sebagian orang, mengonsumsi nasi merah bukanlah sebuah hal yang mudah. Karena jelas rasanya lebih tidak enak dan hambar,” tegas Dr Diana, saat diwawancarai Okezone, Rabu (19/9/2018).

Selain itu Dr Diana juga mengatakan bahwa banyak orang Indonesia yang salah kaprah dengan penggunaan beras merah. Mereka beranggapan nasi merah lebih baik dibandingan nasi putih.

Alhasil mereka mulai beralih menggunakan nasi merah ke dalam menu sarapan harian. Karena dirasa lebih aman dan menyehatkan, mereka lantas mengonsumsinya secara berlebihan.

Hal ini tentu saja akan berbanding terbalik fakta yang ada. Makan secara over justru akan meningkatkan asupan kalori yang membuat berat badan Anda meningkat.

“Banyak orang yang menganggap nasi merah bagus untuk kesehatan, alhasil mereka mengonsumsinya secara berlebihan yang sama saja dapat memicu peningkatan kalori dan berat badan Anda. Ini merupakan sebuah kesalahan yang kerap dilakukan masyarakat awam,” lanjutnya.

Dr Diana mengatakan nasi merah memang akan sangat bagus bagi kesehatan manusia. Selain kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan, nasi merah juga bisa menurunkan berat badan karena rasa kenyang yang lebih awet karena kandungan serat yang ada di dalamnya.

"Nasi merah akan lebih baik untuk dikonsumsi manusia apabila seseorang mengonsumsinya dengan jumlah yang wajar. Nasi merah akan baik untuk pencernaan dan bisa membuat seseorang kenyang lebih lama karena kandungan serat yang ada di dalamnya. Selain itu nasi merah juga sangat aman bagi mereka yang ingin menghindari penyakit diabetes, maupun bagi penderita untuk mempertahankan kadar gula darah,” tuntasnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close