Dana Bantuan Gempa Lombok Belum Cair, Jokowi: Lagi Verifikasi


Arie Perdana Putra 2018-09-19 14:13:17 Nasional 34 kali

Presiden Jokowi saat tinjau gempa Lombok (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membenarkan belum cairnya dana bantuan bagi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya, pemberian bantuan akan diberikan setelah dilakukannya verifikasi kepada para korban.

"Ini kan step-nya satu per satu. Kalau ada yang siap, sudah diverifikasikan tentu saja akan diberikan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Jokowi memastikan, saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah melakukan proses verifikasi di lapangan. Selanjutnya, bantuan akan diberikan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

"Kalau belum kan proses lapangan, ada verifikasi, nanti diberikan lagi. Kan prosesnya seperti itu. Ada prosedurnya," ujarnya.

Jokowi belum mengetahui prosedur dan teknisnya seperti apa yang ditetapkan oleh BNPB. Namun, ia akan mengecek persoalan bantuan tersebut.

"Saya enggak tahu. Itu teknis, tapi mesti ada prosedurnya," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa pihaknya belum mencairkan dana kepada 5.293 warga yang rumahnya rusak berat, masing-masing berisi dana Rp50 juta. "Dana bantuan perbaikan rumah kepada warga yang terdampak gempa di Lombok belum dapat dicairkan," katanya.

Sutopo membeberkan, dana bantuan tersebut belum cair karena petunjuk teknis dan petunjuk pelaksananya belum selesai. Selain itu, tenaga fasilitator yang akan mendampingi warga membangun rumah juga masih dibentuk dan di-training.

"Adanya penyiapan itu menyebabkan dana diblokir sementara. Kalau dicairkan saat itu juga tidak bisa membangun karena sarana dan prasarananya belum siap," kata dia.

Sutopo mengatakan, segala persiapan itu ditargetkan akan segera rampung. Pasalnya, pemerintah menargetkan sebagian dana sudah cair dan sudah ada rumah yang dibangun pada 20 September.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close