Ogan Ilir Membara, 5 Hektar Lahan Terbakar


Arie Perdana Putra 2018-09-17 00:06:08 Ogan Ilir 128 kali

Kebakaran sedang terjadi

INDRALAYA, Kabar28.com,- Hingga Minggu (16/9/2018) malam, Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI). Kebakaran itu menghanguskan lebih dari 1 hektare lahan di kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM), Kecamatan Indralaya Utara.

Derasnya angin membuat api cepat meluas dan menyulitkan proses pemadaman, api dapat dipadamkan setelah tim terpadu satgas Karhutla dari Manggala Agni, TNI, Polri dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OI terjun ke lokasi kebakaran. 

Selain menggunakan pompa dan perlengkapan lainnya, pemadaman juga dibantu dengan mengerahkan satu unit mobil tanki milik BPBD OI.

Kepala Daops Manggala Agni Wilayah Banyuasin, Palembang, OKI dan OI, Adi mengatakan, titik api mulai terlihat oleh petugas yang sedang patroli rutin sekitar pukul 19.00 WIB malam ini, dan berhasil dipadamkan sekitar 2 jam kemudian. 

"Selain manghanguskan lahan di kawasan KTM. Kebakaran lahan juga terjadi di tiga titik lainnya di Kabupaten Ogan Ilir, yaitu di kawasan KM 2 Tol Palembang Indralaya (Palindra), Desa Muara Dua dan Desa Babatan Saudagar Kecamatan Pemulutan. Total luas lahan yang terbakar hari ini tidak lebih dari 5 hektare, Alhamdulillah semuanya bisa kita kendalikan, ini berkat respon dan kerjasama yang baik rekan-rekan tim terpadu di lapangan," katanya.

Ia menambahkan, untuk meminimalisir dan memantau terjadinya Karhutla, hingga saat ini pihaknya masih terus menyiagakan sejumlah posko dan personil di lapangan khususnya dari tim terpadu satgas Karhutla.

"Saat ini ada 4 posko yang kita siagakan di lapangan, terdiri dari Manggala Agni, BPBD, TNI dan Polri. Hingga saat ini sebagian besar wilayah Ogan Ilir masih rawan terjadinya Karhutla, khususnya di sepanjang ruas jalan Tol Palindra," pungkasnya. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close