Walhi Sumsel Dukung Pelestarian Hutan Kelekar Prabumulih


Arie Perdana Putra 2018-09-04 22:06:25 Prabumulih 69 kali

Walhi Sumsel bersama penggiat lingkungan mengunjungi lokasi bakal hutan kota Prabumulih

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Kegiatan susur lahan bataran sungai Kelekar yang dilakukan Komunitas Menanam Untuk Lingkungan Hijau (Mulih) di Kota Prabumulih mendapat perhatian serta dukungan dari Walhi Sumsel dan penggiat lingkungan hidup asal Irlandia.

Hal itu diketahui setelah Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, M Hairul Sobri bersama beberapa orang penggiat lingkungan hidup asal Irlandia mengunjungi lokasi bakal hutan kota Prabumulih, Senin (3/9/2018). 

Direktur Eksekutif Walhi Sumsel, M Hairul Sobri mengatakan, sesuai amanat undang-undang setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Setiap orang berkewajiban memelihara kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah dan menanggulangi pencemaran dan perusakan lingkungan hidup.

"Secara historis Walhi memiliki kedekatan dengan gerakan lingkungan hidup khususnya di Prabumulih, terutama upaya pemulihan ekosistem Kelekar yang dimulai pada tahun 2018 dan mengawal kesepakatan dengan Pertamina untuk menghentikan pembuangan limbah cair ke Sungai Kelekar," katanya.

Lanjutnya, inisiatif hijau yang dilakukan Komunitas Mulih yang secara mandiri menggagas pengembangan hutan kota adalah sebuah langkah maju. Sesuatu yang baru di Indonesia, sebuah konsep tanding perencanaan tata ruang partisipatif yang sangat patut didukung oleh semua pihak.

"Warga Prabumulih memerlukan ruang terbuka hijau yang memadai. Kegiatan mewujudkan pemulihan ekosistem sungai ini patut dicontoh, dan didukung para pemangku kepentingan di Kota Prabumulih,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Eep inipun berharap, pengelolaan ruang terbuka hijau harus dalam bentuk hutan kota sebagaimana yang digagas oleh Komunitas Mulih.

"Harus tetap dipercayakan kepada komunitas penggagasnya. Jangan sampai menjadi usaha perorangan atau diambil alih pemerintah kota, yang belum tentu memahami spirit awal dari gagasan ini,” tandasnya.(old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close