Pakai Makeup saat Berolahraga, Amankah?


Lia Cikita 2018-09-04 20:05:03 Gaya Hidup 120 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Anda yang menonton pertandingan olahraga di Asian Games 2018 pasti melihat banyak atlet wanita tampil dengan riasan wajah menawan. Mulai dari atlet pencak silat, wushu, voli, renang, hingga sepakbola tampil memesona dengan makeup natural.

Nah, sebenarnya bolehkah berolahraga menggunakan makeup?

Dikutip dari Live Strong, saat berolahraga, pembuluh darah di seluruh tubuh melebar. Hal ini membuat aliran darah ke kulit menjadi kuat sehingga membuka pori-pori semakin lebar. Pada saat inilah keringat yang terperangkap di bawah kulit bakal keluar.

Pori-pori yang membesar tersebut membuat bakteri dan berbagai kotoran lain menempel di kulit. Percampuran keringat, kotoran, dan bakteri itu memicu timbulnya komedo di kulit. Nah, jika wajah memakai makeup, maka pori-pori bakal tersumbat oleh lapisan kosmetik yang justru semakin memperparah keadaan.

Dalam kondisi terburuk, berolahraga menggunakan makeup dapat memicu alergi hingga timbulnya jerawat. Kosmetik menutupi kelenjar minyak di kulit yang menyumbat pori-pori. Jika dibiarkan terus menerus, kulit wajah bakal teriritasi sehingga menimbulkan berbagai masalah seperti komedo dan jerawat.

Jika ingin memakai kosmetik, pilihlah yang tidak menyumbat pori-pori kulit. Lebih baik memakai bedak tabur setipis mungkin yang dikombinasikan dengan pelembap atau alas bedak cair. Kosmetik tersebut sangat mudah luntur sehingga tidak terlalu berisiko menimbulkan jerawat.

Setelah selesai berolahraga, segera bersihkan wajah dengan pembersih khusus. Jangan langsung mencuci wajah dengan sabun karena akan membuat kulit kering.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close