Tak Sesuai RAB, Warga Protes Proyek Normalisasi Ayek Apul


Arie Perdana Putra 2018-08-30 10:38:21 Lahat 66 kali

Warga melihat pengerjaan proyek

LAHAT, Kabar28.com,- Proyek normalisasi Ayek Apul di Kelurahan Talang Jawa Selatan Kecamatan Lahat dengan anggaran Rp1.845. 770. 000,- kini menjadi polemik bagi warga setempat.

Proyek sepanjang 1.400 m lebih ini dikerjakan oleh CV. Purnama ini dikeluhkan sebagian warga. Karena menurut mereka dalam pengerjaan baik RAB dan gambar tidak sesuai petunjuk.

Ketua RW 03 Kelurahan Talang Jawa Selatan, Husaini mengatakan, pembangunan tersebut seharusnya sesuai RAB, dalam pengerjaan ini dilakukan pengerukan terlebih dulu sedalam 80 cm baru dibuat pondasi dengan penanaman plat dinding sedalam 75 cm.

"Pondasi tersebut seharusnya ditanam sepanjang 175 cm, yang terjadi di lapangan banyak tidak sesuai. Termasuk pemasangan besi juga banyak tidak sesuai. "Pembangunan tersebut tidak sesuai dengan RAB yang kami lihat sebelumnya," katanya.

Salah satu tokoh masyarakat Lahat, Pirdaus berharap agar warga bisa menuntaskan permasalahan yang ada dengan kepala dingin. 

"Pastinya kita berharap agar perdebatan di tengah warga ini dapat dipantau oleh pihak terkait. Karena jika tidak polemik akan terus terjadi," ucap Pirdaus.

Masyarakat lainnya Amir Hamzah mengatakan, jika memang pengerjaan proyek ini terus berlangsung akan menuai banyak mudharat.

"Kami minta agar proyek ini dikerjakan sesuai gambar. Kalau begini banyak mudharatnya. Daya tampung siring jadi bertambah kecil. Ini tidak ada gunanya, lebih baik tidak dilanjutkan jika mengkhawatirkan," ungkap Amir Hamzah.

Lanjutnya, bahwa akan ada kemungkinan demo dari warga jika tidak ada kejelasan dari pengerjaan proyek ini. Sebab, saat mereka ingin bertemu dengan Pimpinan Proyek, selalu tidak bisa dijumpai.

"Sebenarnya masyarakat berniat menyetop atau mendemo. Tetapi kita memilih tetap menempuh sesuai prosedur. Kami juga sudah terus berusaha untuk bertemu dengan pimpinan proyek tetapi tidak pernah bisa bertemu. Kalau memang masih tidak mendapat tanggapan maka kami akan lakukan unjuk rasa," tegasnya.

Sementara itu salah seorang Pengawas Proyek, Herwan, saat dimintai keterangan dirinya mengatakan bahwa mereka sudah mengerjakan sesuai gambar yang ada.

"Kita mengerjakan sudah sesuai dengan gambar dan perintah Pimpro. Mulai dari pengerukan hingga pondasi samping. Toh yang bekerja di sini juga warga Kelurahan Talang Jawa Selatan," ucap Herwan.

Terpisah, Lurah Talang Jawa Selatan, Samsul Hakim Jailani menerangkan bahwa pihaknya disini selaku bagian dari pemerintahan tidak terlalu paham jika bicara teknis pengerjaan. Tetapi dia akan sampaikan ke pihak terkait agar bisa duduk bersama. 

"Dalam permasalahan ini ada warga yang tidak puas dengan pembangunan tersebut.  Sepengetahuan saya bangunan itu adalah hasil dari aspirasi delapan anggota DPRD provinsi Sumsel Dapil VII. Masalah tekhnis saya tidak tahu biar PU Provinsi yang menyelesaikannya nanti," terangnya. (jum)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close