HUT ke-73 RI, Jejaring Alumni Luar Negeri Didirikan


Lia Cikita 2018-08-17 21:16:40 Nasional 33 kali

Jejaring Alumni Luar Negeri dibentuk (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  - Jejaring Alumni Luar Negeri (Jalar) didirikan tepat di hari proklamasi kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Jalar diharapkan akan memperkuat sinergi para alumni Indonesia dari luar negeri untuk memajukan bangsa.

Beberapa alumni pelajar Indonesia yang sudah kembali ke tanah air bersepakat menginisiasikan berdirinya Jalar. Jalar dibentuk di sebuah gedung di Jalan Majapahit, Jakarta, pada 17 Agustus pukul 00.00 WIB bertepatan dengan peringatan HUT ke-73 kemerdekaan RI.

"Jalar berdiri atas adanya kesadaran untuk memperkuat sinergi alumni pelajar Indonesia yang sudah kembali ke tanah air untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa ke depan dan persembahan kami sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Kami akan mempersiapkan dialog untuk bangsa dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan di berbagai bidang untuk menghadapi persaingan global." kata salah satu inisiator Jalar, Achmad Adhitya PhD dalam keterangannya, Jumat (17/8/2018).

Jalar diinisiasi oleh para alumni luar negeri yang merupakan tokoh dan pimpinan PPI mancanegara ketika menjalani pendidikan di luar negeri antara lain di Belanda, Jerman, Malaysia, Italia, Inggris, dan Jepang. Para inisiator ini telah berkarya di berbagai bidang antara lain kemaritiman, pembangunan berkelanjutan, minyak dan gas, energi terbarukan, teknologi informasi, sosial politik, dan kesetaraan gender.
Achmad mengatakan, para aalumni pelajar ini berani memutuskan kembali ke Indonesia untuk ikut membangun bangsa dengan karya di bidangnya masing-masing. Para alumni pelajar luar negeri ini memiliki pengalaman, keahlian dan jaringan baik dalam maupun luar negeri yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa. 

Menurut Achmad, keberadaan Jalar saat ini penting karena konteks masalah yang dihadapi bangsa saat ini tidak hanya memiliki nuansa nasional tapi juga internasional.

Ke depan, lanjut Achmad, Jalar akan membangun konsolidasi dengan puluhan ribu alumni pelajar Indonesia dari negara lain dan berbagai bidang untuk saling berbagi, melihat problem riil yang dihadapi, mencari dan menjalani solusinya bersama, mentransformasikan pengetahuan dari luar negeri dalam konteks lokal. 

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close