Pesan Personel Pengendali Kebakaran saat Upacara HUT Ke-73 RI di Lahan Terbakar Kalimantan


Mutiara Safitri 2018-08-17 14:05:40 Nasional 42 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Pontianak, Kabar28.com,- Kalimantan Barat masih dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah daerahnya.

Bahkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB) ada seribu titik panas di Kalimantan Barat. Para Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Indonesia, dari personel Manggala Agni Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Pontianak-BPPIKHL Kalimantan selalu siap untuk memadamkan api.

Namun, Jumat (17/8/29018) para personel berseragam oranye ini berhenti sejenak dari aktivitas pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Mereka ingin mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang menjadikan Indonesia merdeka.

"Di sela-sela pemadaman, kami berhenti sejenak untuk melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia," ucap Sahat Irawan Manik, Kepala Manggala Agni Daops Pontianak.

Sahat yang juga Koordinator Daops se-Kalimantan Barat ini menambahkan, lokasi upacara dipilih pada lahan bekas terbakar di Jalan Sepakat II, Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak. "Dengan keadaan sederhana dan sebagian besar masih berseragam pemadaman, kami melakukan upacara dengan khidmat," tutur dia.

Ia menyampaikan, dengan semangat kemerdekaan ini, Manggala Agni menyatakan selalu siap bersinergi bersama semua pihak dan masyarakat untuk mempertahankan semangat kemerdekaan dengan menjaga langit biru bebas asap sebagai akibat dari kebakaran hutan dan lahan.

Secara spontan dari lokasi tempat tugas sekaligus lokasi upacara, Sahat mewakili keluarga besar Manggala Agni Daops Pontianak - BPPIKHL Kalimantan menyampaikan sebuah pesan simpatik kepada seluruh rakyat Indonesia yang sedang merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia ini.

"Bahwa bukan raga tak ingin bersatu, tapi jiwa ini untukmu pertiwi. Mari cegah kebakaran demi masa depan bermanfaat," ajaknya.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close