Tak Hanya Menang Kalah, Liputan Asian Games Juga Bisa Angkat Kebesaran Sriwijaya


Arie Perdana Putra 2018-08-14 23:52:46 Palembang 53 kali

Diskusi dan pelatihan jurnalis

PALEMBANG, Kabar28.com,- Dengan mengusung tema "Meliput Asian Games Apa Hanya Tentang Medali Emas", Forum Jurnalis Musi Mengalir gelar diskusi dan pelatihan Jurnalis, Selasa (14/8/2018).

Menurut Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Yenrizal Tarmizi, Asian Games di Palembang menjadi kebanggaan, yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari wartawan lokal tak hanya soal medali. Namun banyak aspek yang bisa diangkat sebagai nilai tambah untuk Indonesia ataupun Sumsel ini sendiri.

"Banyak hal yang harus diperhatikan untuk mempromosikan Sumatera Selatan, seperti sejarah kejayaan dan kebesaran kerajaan Sriwijaya dan peninggalannya. Itu harus menjadi berita pendamping untuk mengangkat Sumsel di mata dunia," katanya.

Di tempat yang sama, eksternal regional and Papers Mills, Gadang Hartawan menuturkan, sebagai salah satu perusahaan di Sumsel pihaknya memiliki komitmen agar Asian Games berjalan sukses.  Salah satunya adalah mengumpulkan Jurnalis untuk menyatukan visi dan misi berjuang mensukseskan Asian Games.

"Sudah banyak yang kita lakukan jelang Asian Games, diantaranya membangun infrastruktur dan mengatasi Karhutla untuk kesuksesan Asian Games sukses," tuturnya.

Dilanjutkan Dadang,  Asian Games adalah tolak ukur untuk menggelar event lebih besar lainnya seperti Olimpiade.

"Media ini menjadi lini terdepan dalam memberikan informasi kepada publik. Sumber-sumber informasi yang dibuat akan mendunia," kata Gadang. 

Sementara itu, salah satu Wartawan senior Sumsel, Maspril menambahkan, himbauan terhadap pentingnya peliputan di Asian Games tersebut karena Asian Games merupakan liputan olahraga multi even, sehingga lebih beragam isu yang bisa diangkat.

"Selama ini informasi yang dimuat adalah skor menang dan kalah. Melalui diskusi ini bukan hanya meliput pertandingan namun juga tentang kegiatan Asian Games yang memberikan nilai tambah bagi Sumsel, sehingga memperluas perspektif, tidak hanya pertandingan tapi juga teman-teman Jurnalis bisa mengeksplore di dalam lapangan tapi juga di luar lapangan," harapnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close