Perangkat Desa, Karang Taruna dan Masyarakat Kumpul di Rambang Kuang, Ngapain?


Arie Perdana Putra 2018-08-14 12:49:21 Ogan Ilir 118 kali

Peserta sedang mendengarkan pemaparan dari narasumber

INDRALAYA, Kabar28.com,- Perangkat desa, karang taruna dan masyarakat ikuti pelatihan Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), di Aula kantor camat Rambang Kuang, Ogan Ilir, Selasa (14/8/2018).

Kepala Balai Informasi Tehnologi LIPI, Tomi Hendrik mengatakan, selain mengembangkan iptek melalui kegiatan penelitian, LIPI juga menerapkan langsung hasil penelitiannya kepada masyarakat.

"Melalui kegiatan diseminasi iptek inilah LIPI berharap teknologi yang banyak dihasilkannya dapat bermanfaat bagi masyarakat Ogan Ilir, khususnya di Rambang Kuang,” katanya.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI, H Yulian Gunhar menyebut, LIPI selama ini sudah terbukti menghasilkan berbagai teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia.

"Dengan teknologi yang dikenalkan LIPI, kami berharap akan meningkatkan hasil produk lokal di Sumatera Selatan Khususnya Ogan Ilir sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Maryati salah seorang Peserta diseminasi, mengaku senang dengan adanya tersebut.

"Kami harap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan pengetahuan masyarakat Ogan Ilir, dalam mengolah dan memanfaatkan lahannya yang sudah subur,” ungkapnya.

Dalam kegiatan diseminasi yang diadakan tersebut peserta kegiatan yang berasal dari unsur pemerintahan Kabupaten Ogan Ilir,  para peserta mendapatkan pembekalan pengetahuan cara membudidayakan tanaman buah-buahan berupa Durian, Mangga, Lengkeng dan Duku. Para peserta juga mendapatkan bantuan berupa Pupuk Organik Hayati (POH) beyonic starmik LIPI.

Diseminasi adalah kegiatan yang ditujukan kepada kelompok atau individu, agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

Diseminasi merupakan tindakan inovasi yang disusun dan disebar berdasarkan sebuah perencanaan matang, dengan pandangan jauh ke depan baik melalui diskusi atau forum lainnnya yang sengaja diprogramkan, sehingga terdapat kesepakatan untuk melaksanakan inovasi. (drs)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close