Ini Cara Satgas Darat Tanggulangi Karhutbunla Sejak Dini


Arie Perdana Putra 2018-08-11 00:10:06 Ogan Komering Ilir 77 kali

Siswa-siswi SD foto bersama dengan personel tim satgas karhutbunla

OKI, Kabar28.com,- Sub Satgas darat penanggulangan kebakaran hutan, kebun dan lahan (Karhutbunla) Provinsi Sumsel, lakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Pasukan Detasemen Teritorial Terbatas yang bertugas di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI) dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kemarin.

Selain melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran di lapangan, personel Sub Satgas Darat berikan sosialisasi kepada masyarakat dengan berbagai cara termasuk Komsos.

Pasukan Detasemen Teritorial Terbatas Sub Satgas Darat dari Pos Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten OKI melakukan Komsos kepada guru, wali murid dan siswa-siswi PAUD.

Letda Inf Kristian selaku Dantim mengatakan, Satgas Karhutbunla berupaya semaksimal mungkin melaksanakan tugas dengan baik, karena timbulnya kebakaran harus dicegah sedini mungkin, salah satunya dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar. Dan untuk mempererat hubungan dengan masyarakat kita lakukan Komsos, termasuk kepada anak-anak mereka.

"Fungsi PAUD yaitu pertama adaptasi sosial, yang berperan dalam membantu anak menyesuaikan diri dengan keadaan dan situasi di sekitarnya. Kedua pengembangan, yang berperan dalam menumbuhkembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak dengan memberi suatu situasi atau lingkangan edukatif. Ketiga bermain, karena bermain merupakan hak anak sepanjang rentang hidupnya, melalui bermain anak dapat memperoleh banyak pengetahuan dan melalui kegiatan bermain neuron-neuron otak anak berkembang dengan sangat pesat," katanya.
 
Sementara itu, dari Pasukan Detasemen Teritorial Terbatas Sub Satgas Darat Pos Desa Parit, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten OI dipimpin Serka Yuhardi, juga melakukan Komsos dengan melakukan pembinaan baris berbaris terhadap siswa-siswi SDN 07 di Desa Parit dalam rangka peringatan HUT RI ke-73.

Serka Yuhardi mengatakan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya Satgas Karhutbunla untuk mempererat hubungan dengan masyarakat, dan melatih serta membina kedisiplinan para generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dalam bela negara sehingga memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

"Guru olahraga di sini terbatas, saat saya lakukan Komunikasi Sosial dengan Kepala Sekolah akhirnya saya harus turun ke sekolah membantu para guru memberikan materi wawasan kebangsaan dan melatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) juga pelatihan upacara bendera kepada siswa-siswi," jelasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close