Dandim 0418/Palembang: Inilah Esensi Nilai-nilai Pancasila


Arie Perdana Putra 2018-08-08 17:57:26 Palembang 42 kali

Foto bersama usai berikan wawasan kebangsaan

PALEMBANG, Kabar28.com,- Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

Hal itu dikatakan Dandim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada 283 karyawan salah satu perusahaan di Kota Palembang, Rabu (8/8/2018).

"Keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Letkol Inf Honi Havana juga menjelaskan, bangsa Indonesia lahir dari keberagaman, berbagai etnis kumpul menjadi satu dalam satu lingkungan berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antar umat beragama. Apalagi, kata dia, dalam semboyan bangsa kita sudah sangat jelas, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang mengandung arti walaupun kita berbeda tetapi tetap satu.

"Dalam mengisi kemerdekaan, kita harus berkepribadian yang berakhlak Pancasila, sehingga bisa berbuat baik serta bermafaat untuk manusia yang lain, yaitu dengan berketuhanan, rahmatan lil ‘alamin, toleransi tepo solero tidak memaksakan kehendak, menganjurkan persatuan dan rela berkorban, suka bersilaturahmi, tolong menolong/gotong royong, suka bermusyawarah mufakat, adil dan peduli lingkungan," pungkasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close