Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Mulai Ramai


Arie Perdana Putra 2018-08-08 17:00:34 Prabumulih 62 kali

Salah satu hewan qurban yang ada di lapak penjual

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Jelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, sejumlah lapak dadakan penjual hewan kurban mulai bermunculan di Kota Prabumulih.

Idul Adha sendiri diperkirakan akan jatuh pada 22 Agustus mendatang, pantauan kabar28.com puluhan sapi dan kambing dikandangkan di tanah kosong beratap terpal di kawasan Jalan Lintas Prabumulih Palembang, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih.

Selain membuka lapak di pinggiran jalan raya, tak sedikit juga pedagang yang memilih mengandangkan hewan kurban di sekitaran tempat tinggal mereka Karena dinilai lebih aman.

Salah satunya Eki Swarna penjual hewan kurban di Jalan Bintan, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur mengaku, ada sekitar 20 ekor sapi dan 20 ekor kambing berbagai ukuran dan telah memenuhi syarat sebagai hewan kurban.

“Saat ini masing-masing ada 20 ekor, itupun sebagian sudah dipesan semua,” kata Eki, Rabu (8/8/2018).

Eki mengatakan hewan kurban ini sengaja ia datangkan dari salah satu peternakan di wilayah Propinsi Lampung, sementara untuk sapi ada tiga jenis yaitu Sapi Limosin, Bali dan Peranakan Ongol (PO).

“Kisaran harga untuk satu ekor sapi antara Rp15 hingga Rp50 juta rupiah tergantung ukuran dan jenis, pling tinggi yaitu sapi jenis Limosin. Sedangkan untuk satu ekor kambing dijual dengan kisaran Rp1,5 hingga Rp4 juta rupiah,” jelasnya.

Menurutnya, meski hewan kurban yang ia jual dijamin dalam keadaan sehat. Namun faktor kemarau yang terjadi saat ini berdampak pada sulitnya persediaan pakan hewan.

"Karena musim kemarau mengakibatkan persediaan rumput untuk pakan hewan kurban sedikit minim. Meskipun tidak begitu menjad kendala serius,” ujar Eki.

Sementara itu salah satu pembeli Trisna menyebut membeli kambing untuk keperluan kurban dan acara hajatan atau syukuran. “Selain untuk kurban, rencananya akan digunakan untuk marhabah. Maklum istri baru lahiran,” ungkapnya. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close