30 Desa di OI Bakal Gelar Pilkades, Biayanya Sesuai Jumlah DPT


Arie Perdana Putra 2018-08-07 16:49:08 Ogan Ilir 232 kali

Kabid Pemdes Dinas PMD OI

INDRALAYA, Kabar28.com,- Tidak lama lagi 30 desa di Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

Menurut Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD), Ledy Ismed, biaya pilkades setiap desanya disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di masing-masing desa.

"Pilkades serentak gelombang II diikuti 30 Desa dalam 15 Kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir. Sementara biaya perdesanya akan disesuaikan dengan jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) disetiap desa. Jadi, biaya yang diterima setiap desa akan bervariasi," katanya.

Terkait dengan besaran anggaran yang disiapkan oleh pemerintah terkait pilkades serentak ini,  menurutnya pemerintah telah menganggarkan Rp600 juta.

"Pemkab OI telah menganggarkan dana Rp600 juta untuk pelaksanaan Pilkades, yang direncanakan pada 1 November 2018 mendatang," jelasnya.

Lanjutnya, pada 9-12 Agustus ini akan membentuk panitia Pilkades sebanyak 7 orang setiap desanya, karena setiap desa harus ganjil susuai aturan yang ada, tujuannya agar mudah dalam pengambilan keputusan pada saat rapat.

"Kita sudah menyurati 15 Camat yang desanya ikut dalam pilkades, agar membentuk panitia, dan dalam rentang waktu 9-12 Agustus ini kita juga akan menetapkan Daftar Pemilihan Sementara (DPS), jika tidak ada masalah dilanjutkan dengan penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT) di setiap desa," ujarnya.

Untuk 30 desa yang ikut dalam Pilkades serentak gelombang II ini,  sambungnya, yaitu desa-desa yang masa jabatannya sudah habis di akhir tahun 2018, dan di awal tahun 2019.

"Karena sesuai dengan Peraturan Menteri Desa dan Menteri Dalam Negeri, apabila masa jabatan kepala desa tersisa 6 bulan maka harus diikutkan dalam pilkades tersebut," pungkasnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close