SBY: Di Musim Pemilu, Berbeda Posisi Langsung Dihajar


Mutiara Safitri 2018-08-01 15:18:57 Politik 38 kali

Susilo Bambang Yudhoyono (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,- Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelaskan pernyataannya tentang jumlah orang miskin di Indonesia yang jadi kontroversi. Ketum Partai Demokrat ini menyebut sekarang orang yang berbeda posisi kerap dihajar. 

Lewat Twitter, Rabu (1/8/2018), SBY memberikan klarifikasi tentang pernyataannya saat bertemu Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Saat itu, SBY bicara soal perlunya memperhatikan 'the bottom 40%'. 

Menurut SBY, banyak yang salah mengerti soal 'the bottom 40%' dan langsung menyebut SBY salah saat menyebut jumlah orang miskin di Indonesia 100 juta orang. Dia lalu menjelaskan soal 'the bottom 40%' yang selama ini digunakan oleh Bank Dunia. 

Dia menegaskan golongan 'the bottom 40%' ini yang perlu jadi perhatian pemerintah. SBY menyinggung pejabat yang berpegang pada data BPS bahwa jumlah orang miskin di Indonesia 26 juta. SBY menegaskan bahwa dia percaya hal itu. 

"Saya juga percaya bahwa angka kemiskinan sekarang sekitar 26 juta orang, atau 9,82%. Saya juga tahu tak mudah turunkan angka kemiskinan," tulis SBY. 

SBY lalu mengungkapkan upaya menurunkan kemiskinan di era pemerintahannya yaitu 6% selama 10 tahun. Dia juga menyinggung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang menurunkan angka kemiskinan 1% selama 3 tahun. 

"Saya dengar pemerintah akan tunda sebagian proyek infrastruktur, guna selamatkan ekonomi kita. Hal ini sudah lama saya sarankan. Keputusan & kebijakan pemerintah tersebut (kalau benar) TEPAT. Saya ikut mendukung. Karena berarti negara UTAMAKAN RAKYAT," ungkap SBY. 

SBY menyebut di masa Pemilu, orang yang berbeda posisi langsung dihajar. Dia menegaskan tidak melakukan hal yang sama. "Biasanya dalam musim pemilu, kalau berbeda posisi langsung DIHAJAR. Saya bukan tipe manusia seperti itu. Kalau benar harus saya dukung," tutupnya.

Sumber : detik.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close