Wiranto Sarankan Lapas Koruptor Dipindahkan ke Pulau Terpencil


Mutiara Safitri 2018-07-24 15:35:36 Hukum 53 kali

Wiranto (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut posisi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) yang berada di kawasan perkotaan menjadi masalah utama terjadinya penyalahgunaan. Menurut Wiranto, lapas untuk koruptor seharusnya di posisikan di pulau-pulau terluar di Indonesia. 

"Masalah utama sebenarnya adalah lokasi. Harusnya lapas itu ada di pulau terluar dan terpencil, tapi jangan terpencil-terpencil amat yah," ujar Wiranto di Gedung PPAD, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).

Wiranto menyatakan pemerintah saat ini tengah melakukan kajian untuk memindahkan lapas-lapas yang ada di perkotaan beserta isinya ke kawasan pulau terluar di Indonesia. "Ini sedang dibuat suatu kajian bagaimana memindahkan lapas-lapas itu ke pulau-pulau luar," katanya. 

Lapas-lapas yang ada saat ini diakui Wiranto memang memiliki posisi yang kurang strategis. Misalnya Lapas Sukamiskin dan Lapas Cipinang. Keduanya memang terkenal sebagai Lapas kelas I. 

Selain posisi strategis yang berada di tengah kota, Lapas ini juga disebut memiliki fasilitas yang tak lazim untuk para terpidananya. 
Lokasi lapas di perkotaan dianggap menyebabkan fungsi dan esensi lapas yang semula untuk membina para terpidana malah berubah hanya sekadar tempat peristirahatan. 

"Sekarang terkendala lokasi. Memang pemerintah dan Pak Presiden juga setuju memindahkan lapas ini atau bagaimana membuat lapas yang lebih ideal," pungkasnya.

Sumber : sindonews.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close