Tips Penting Mencairkan Bekuan Es pada Daging Ayam yang Disimpan di Kulkas


Lia Cikita 2018-07-17 20:49:27 Tips 253 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Mudah didapat, sumber protein baik, dan mudah diolah jadi sederet keunggulan daging ayam. Maka tak heran, banyak orang yang mengandalkan daging ayam sebagai daging lauk untuk makanan sehari-hari.

Diolah menjadi isian roti lapis alias sandwhich, diolah menjadi hidangan sup ayam yang hangat, dibuat kari, atau bahkan jadi isian salad, daging ayam sebagai bahan makanan memang begitu mudah diolah menjadi sebuah hidangan makanan yang lezat.

Masa usia daging ayam, saat disimpan di dalam kulkas pun terhitung cukup panjang. Menurut para ahli, daging ayam mentah yang disimpan di dalam lemari pendingin itu aman untuk dikonsumsi dalam kurun waktu satu sampai dua harSi, lain lagi jika disimpan dimasukkan ke dalam freezer yang bisa membuat daging ayam bisa bertahan awet hingga sembilan bulan lamanya. Sedangkan daging ayam yang sudah dimasak, dimasukkan ke dalam lemari pendingin bisa awet hingga tiga sampai empat hari, sedangkan mencapai waktu dua sampai enam bulan jika disimpan di dalam freezer.

Nah, yang menjadi dilema saat tiba waktunya untuk memasak daging ayam yang teksturnya sudah keras dan membeku lengkap dengan diselimuti bongkahan es karena disimpan di dalam kulkas atau bahkan freezer. Nah, apa yang harus dilakukan saat men-defrost alias mencairkan bongkahan es yang menempel pada daging ayam ini? Melansir Ndtv, Selasa (17/7/2018) yuk dibaca penjelasannya di bawah ini.

Sebelum digunakan untuk diolah, lelehkan daging ayam yang membeku ini dengan cara mengubah letak posisinya. Tempatkan daging ayam yang tadinya ada di dalam freezer, ke rak bagian bawah. Namun sebelum melakukan hal ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, sebagai berikut;

1. Tempatkan daging ayam di depan rak paling bawah kulkas. Cara ini akan mencegah cairan air dari ayam masuk berlebihan ke makanan lainnya yang ada di kulkas. Jika telah mengeluarkan ayam dari bungkusnya, pastikan Anda menyimpannya dalam mangkuk agar cairan air itu hanya menetes di dalam mangkuk. Cara ini jadi cara termudah, namun di sisi lain sangat memakan waktu. Mengingat untuk ukuran 450 gram ayam saja disebutkan butuh waktu sekitar lima jam untuk bisa mencair, dan satu ekor daging ayam utuh bisa membutuhkan waktu sampai seharian.

2. Setelah ayam dicairkan, kita bisa melihat tidak ada jejak bongkahan selimut es yang tersisa. Namun jika masih melihat ada beberapa bongkahan kristal es, simpan lagi di rak bawah kulkas sebentar saja.

3. Penting untuk diingat, ketika daging ayam yang beku ini sudah dicairkan, hindari untuk membekukannya kembali. Ketika sekali dicairkan, daging ayam bisa disimpan di dalam kulkas dalam jangka waktu aman selama satu sampai dua hari. Akan tetapi, pastikan daging ayam yang sudah dicairkan ini disimpan di dalam kulkas dengan posisi diletakkan di bagian ruang terdingin di dalam kulkas, demi untuk menghindari terkontaminasi oleh bakteri.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close