Menko Polhukam: Penyelundupan Narkoba Terjadi di Daratan dan Perairan Indonesia


Arie Perdana Putra 2018-07-17 19:47:09 Palembang 47 kali

Wagub saat memimpin upacara peringatan HANI

PALEMBANG, Kabar28.com,-
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI Jenderal TNI (Purn) Wiranto, dalam kata sambutan peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), yang dibacakan Wagub Sumsel Ishak Mekki mengungkapkan, sejumlah kasus narkoba beberapa tahun terakhir tampak mengejutkan bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dari berbagai macam penyelundupan narkoba yang masuk dalam wilayah Indonesia tidak hanya terjadi pada wilayah daratan melainkan wilayah perairan negara.

"Perang besar akan narkoba menuntut komponen masyarakat maupun elemen bangsa untuk bergerak secara aktif melawan kejahatan terorganisir yang bersifat lintas negara," katanya, Selasa (17/7/2018).

Lanjutnya, kejahatan narkotika merupakan kejahatan luar biasa, harus diatasi secara serius. Apabila tidak ditanggulangi dapat digunakan pada salah satu senjata dalam proxy war untuk melumpuhkan keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

"Terkait masalah yang ditimbulkan narkoba terus menggerogoti bangsa dari hulu sampai ke hilir, dari generasi ke generasi dan menjadi ancaman terbesar bagi generasi muda pada tahun 2030 nanti dengan kehancuran generasi muda sebagai penerus estafet perjuangan bangsa," bebernya.

Lanjutnya, dalam mengatasi permasalahan Narkoba diperlukan strategi khusus, yaitu keseimbangan antara pendekatan penegak hukum dan pendekatan kesehatan. Kedua pendekatan ini bertujuan memutus mata rantai pemasok Narkoba mulai produsen sampai jaringan pengedar. Sedangkan kesehatan bisa melalui perawatan atau rehabilitasi. 

"Selain pendekatan hukum dan kesehatan, upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat dioptimalkan untuk turut serta aktif dalam menanggulangi permasalaha Narkoba. Sehingga warga negara kita dapat terlindungi dari bahaya penyalahgunaan Narkoba," ujar Ishak. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close