Cawapres Jokowi Mengerucut pada 10 Nama, Siapa Saja Mereka?


Arie Perdana Putra 2018-07-15 16:38:07 Politik 71 kali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanti kehadiran Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Siti Hasmah dalam kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6).(foto:istimewa)

Malang, Kabar28.com - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy mengatakan Calon Wakil Presiden (Cawapres) untuk Presiden Joko Widodo dalam menghadapi Pemilu 2019 sudah mengerucut kepada 10 nama.

Beberapa nama di antaranya berasal dari kalangan politisi, yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Selain itu, juga ada nama yang berasal dari kalangan ulama, yakni Rais 'Aam PBNU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Dari kalangan teknokrat ada nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sementara dari kalangan akademisi ada nama Mahfud MD dan dari kalangan purnawirawan TNI ada nama Jenderal (Purn) Moeldoko. Lalu, ada nama Chairul Tanjung dari kalangan pengusaha.

"10 nama itu ya, ada unsur politisi. Sesuai dengan pembicaraan saya dengan Pak Jokowi, hari Selasa kemarin di Istana Bogor, 10 nama itu yang pertama dari figur politisi ada nama Pak Airlangga, ada nama Cak Imin, dan beliau juga menyebut nama saya sendiri," kata Romy usai menjadi pembicara dalam Silaturahmi dan Talk Show di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Kota Malang, Minggu (15/7/2018).

Romy memastikan, sosok Calon Wakil Presiden untuk Presiden Jokowi tidak akan jauh dari nama-nama yang disebutkannya itu.

"Insya Allah sesuai dengan pembicaraan saya dengan Pak Jokowi, selasa kemarin, calon wakil presiden Pak Jokowi tidak akan keluar dari 10 nama ini," katanya.

Menurutnya, 10 nama itu sudah dikirim ke semua partai koalisi pengusung Jokowi untuk dilakukan penjajakan di internal partai. Yakni kepada PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, PPP, Partai NasDem dan PKB.

"Tentu ini sudah dishare kepada seluruh ketua-ketua umum partai yang saat ini sudah resmi mengusung Pak Jokowi. Ada enam partai politik. Terakhir kemarin PKB. Dan dimintakan pendapatnya pada saatnya setelah mereka, termasuk saya menyampaikan nama-nama ini ke dalam struktur dan konstituen partai PPP," kata Romy.

Sumber:kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close