PPK di Palembang Berikan Klarifikasi Keberadaan SK


Arie Perdana Putra 2018-07-12 17:07:57 Palembang 50 kali

PPK saat memberikan penjelasan

PALEMBANG, Kabar28.com,- Para PPK se-Kota Palembang mengklarifikasi keberadaan SK penetapan PPK, dalam pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Palembang dan Pemilihan Gubernur Sumsel 2018. SK yang diterima PPK 16 Kecamatan se- Kota Palembang, dalam SK KPU Kota Palembang, hanya mengangkat anggota PPK Pemilihan kepala daerah serentak kota Palembang 2018.

Hal itu dikatakan Ketua PPK Kecamatan IB I Palembang, Yudin Hasmin didampingi para PPK dibeberapa kecamatan di Palembang, Rabu (11/07/2018), dalam jumpa pers di salah satu restoran di Palembang. Menurut Yudin, keberadaan PPK se-16 Kecamatan yang di angkat oleh KPU Kota Palembang, dengan nomor 080/PP.06.3-Kpt/1671/KPU-Kot/XI/2017, sudah dilaksanakan oleh PPK.

“Kami di sini, untuk mengklarifikasi berbagai persoalan yang muncul dan mempertanyakan, keberadaan PPK se-Palembang. Termasuk saya sebagai ketua PPK IB. Yang intinya, bahwa kami diangkat dan ditetapkan oleh KPU Kota Palembnag untuk bertugas sebagai Panitia Pemilikan Kecamatan (PPK) dalam rangka Pemilihan kepala daerah serentak kota Palembang 2018,” tegas Yudin.

Artinya, tanggung jawab PPK hanya sebatas pemilihan kepala daerah Palembang sesuai SK. Meski dalam SK KPU di bagian menimbang dan mengingat, di sebutkan aturan tahapan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur."Ini semua adalah klarifikasi, bahwa kami telah menjalankan tugas sesuai SK dan ketentuan yang kami terima. Bahkan kami juga bertanggungjawab sepenuhnya, sebagai petugas PPK dalam pelaksanaan pilkada Wali Kota-Wakil Wali Kota dan Gubernur-Wakil Gubernur,” jelas dia.

Klarifikasi ini, tambah Yudin, sengaja dilakukan agar tidak terjadi salah tafsir dalam aturan, tugas, dan wewenang para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sudah di SK-kan oleh KPU Kota Palembang. Meski dalam SK tersebut, tidak disebutkan tanggungjawab PPK dalam pilkada Gubernur-Wakil Gubernur yang dilaksanakan serentak.

“Kami tetap melaksanakan dan menyelenggarakan pilkada Gubernur-Wakil Gubernur, meski tidak secara spesifik di sebutkan dalam SK,” beber dia.

Yudin menambahkan, pernyataan mereka kepada masyarakat ini sengaja dilakukan agar tidak terjadi salah persepsi, atau salah paham dalam menjalankan tugas dan wewenang mereka dalam menjalankan tugas sebagai PPK di setiap kecamatan. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close