Coba-coba Langgar Frekuensi Penyiaran? Ini Sanksinya


Arie Perdana Putra 2018-07-12 14:55:38 Palembang 57 kali

Kepala Balai Spectrum Frekuensi Radio Kelas I Palembang saat memberikan sosialisasi

PALEMBANG, Kabar28.com,- Kepala Balai Spectrum Frekuensi Radio Kelas I Palembang, M. Supingi mengatakan, banyak pelanggaran dalam penyiaran seperti terjadi pelebaran frekuensi yang punya potensi mengganggu frekuensi lainnya.

"Rata-rata VHF terganggu oleh radio siaran karena memang berdekatan, biasanya dipandu oleh frekuensi VHF, itupun banyak juga gangguan di alokasi penerbangan," katanya dalam sosialisasi penggunaan frekuensi radio dan alat atau perangkat telekomunikasi, Kamis (12/7/2018).

Lanjutnya, untuk pembatasan frekuensi ada alokasi masing-masing, misalnya untuk penyiaran dari 88-108, untuk penerbangan 110-137.

"Radio yang ada di daerah pinggiran banyak perangkatnya tidak bagus, makanya bisa menggangu pilot untuk melakukan komunikasi atau laporan ke ETC," ujarnya.

Ditambahkannya, kategori jangkauan siaran tidak boleh melebihi 66 atau berjarak 15 kilometer. Untuk radio komunitas diperuntukkan radio untuk 107,7 syaratnya harus 50 watt.

"Untuk komunitas jangkauannya hanya boleh 2.5 kilometer dan tidak boleh dijadikan untuk bisnis, iklan, kalau melanggar perangkatnya langsung disegel dan disita, serta sanksi Rp400 juta atau kurungan selama 4 tahun," pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close