APBN 2018 Tak Dirombak, Bagaimana Pengaruh ke Subsidi Listrik?


Lia Cikita 2018-07-10 21:43:20 Ekonomi 43 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Kementerian Keuangan memutuskan untuk tidak melakukan perubahan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Dengan demikian maka secara keputusan tersebut pun tidak membuat anggaran subsidi listrik untuk masyarakat kurang mampu berubah. Padahal, saat ini harga minyak mentah dunia dan batu bara tengah mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Direktur Keuangan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sarwono Sudarto menyatakan, kondisi ini memang berpengaruh pada keuangan perseroan. Kendati demikan, perusahaan dapat melakukan efisiensi untuk menekan pengaruh pada keuangan.

"Berpengaruh (pada keuangan perusahaan). Tapi kan kita ini banyak cara bagaimana melakukan efisiensi, sehingga enggak pengaruh, buktinya kita masih untung juga. Kita melakukan efisiensi sekuat kita juga," katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Efisiensi oleh perusahaan plat merah itu dilakukan pada berbagai sektor untuk menekan pengeluaran.“Misalkan contoh batu bara zona transportasinya kami buat paling efisien, kan menghemat juga. Misal pembangkit di Sumatera dan Jawa, ngambilnya di mana,” kata dia.

Menurutnya, PLN akan tetap memberikan subsidi listrik kepada masyarakat miskin. Namun, terkait besaran anggaran subsidi listrik yang diprediksi bakal melebihi yang sudah ditetapkan APBN, pihaknya menunggu audit final dari BPK.

“Pokoknya gini, subsidi listrik itu finalnya setelah audit BPK, kami enggak bisa mutusin sekarang. Kalau tahun lalu sudah selesai, 2017. Kalau 2018 akan tahu setelah audit BPK. Misalnya (subsidi pada APBN) Rp50 triliun, ternyata nanti Rp52 triliun, ya tambah dua,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close