Serikat Pekerja Pertamina Tolak Akuisisi Pertagas oleh PGN, Ini Alasannya


Arie Perdana Putra 2018-07-09 19:04:59 Palembang 59 kali

Serikat Pekerja Pertamina foto bersama usai berorasi

PALEMBANG, Kabar28.com,- Serikat Pekerja Pertamina Refinery Unit III Plaju-FSPPB menolak akuisisi Pertagas oleh PGN. Betapa tidak, skema akuisisi yang dilakukan tidak menjamin dominasi penguasaan negara sesuai amanat konstitusi, dimana perusahaan yang 43,036% sahamnya dimiliki oleh publik/swasta (dominan pihak asing_red) mengakuisisi perusahaan yang 100% dimiliki negara.

"Tindakan akuisisi Pertagas oleh PGN berpotensi mengakibatkan kerugian negara dan patut diduga adanya tindakan penyalahgunaan wewenang yang bertujuan menguntungkan sekelompok pihak tertentu saja," ungkap Pj Ketua Umum SPP RU III-FSPPB, Yuchnaidi, Senin (9/7/2018).

Dikatakan dia, aspirasi pekerja Pertamina RU III melalui FSPPB terkait dengan keberatan skema akuisisi pertagas oleh PGN yang disampaikan kepada jajaran Direktur Pertamina baik dalam forum formal maupun informal telah terabaikan.

"Dari itulah, kami menyatakan menolak akuisisi pertagas oleh PGN dan menuntut agar conditional sales dan puschase agreement (CSPA) dibatalkan, serta seluruh proses akuisisi pertagas oleh PGN segera dihentikan. Jika tidak, kami siap melakukan aksi industrial yang diperlukan berdasarkan satu komando dari FSPPB selaku induk organisasi pekerja pertamina dan menetapkan status siaga satu untuk menunggu instruksi lebih lanjut," tutupnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close