Suka Ngemil Cokelat Hitam Bisa Cegah Kemandulan Lho


Lia Cikita 2018-07-09 17:26:00 Kesehatan 51 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Ngemil cokelat, siapa sih yang tidak suka? Semua orang dari berbagai kalangan pasti suka cokelat. Perlu kamu tahu, faktanya bagi yang suka ngemil cokelat tersebut bisa tingkatkan kesuburan kamu lho!

Terlebih untuk cokelat hitam, para ahli menyebutkan bahwa cokelat tersebut dikemas kaya nutrisi, termasuk kandungan antioksidan. Tentu efeknya ngemil cokelat bisa menangkal radikal bebas, termasuk untuk sistem reproduksi manusia.

Lebih lanjut, Konsultan IVF dan Reproduksi Dr Rajalaxmi Walavalkar pun membeberkan manfaat cokelat, khususnya untuk mendukung kesuburan seseorang. Berikut ulasannya, dilansir Thehealthsite, Senin (9/7/2018).

1. Meningkatkan kemungkinan konsepsi lebih cepat

Arginine adalah salah satu vitamin yang ditemukan dalam cokelat hitam, yang mengandung nitrat oksida. Kandungan tersebut punya kapasitas untuk melebarkan pembuluh darah kecil, sehingga meningkatkan aliran darah ke organ tubuh, terutama bagian rahim. Jika hal itu terjadi, otomatis embrio yang berada di dalam rahim jadi lebih sehat dan berkembang biak dengan baik. Ketika terjadi konsepsi, beruntungnya prosesnya jadi baik dan lebih cepat.

2. Menghindari resistensi insulin pada wanita PCOS

Mengonsumsi cokelat hitam dapat membuat tubuh seseorang menghindari kejadian resistensi insulin. Biasanya masalah tersebut dialami oleh seorang wanita dengan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Tentu dampaknya bisa mengganggu siklus bulanan ovulasi dan menstruasi, serta meningkatkan risiko diabetes.

3. Melawan risiko stres

Seseorang yang suka makan cokelat hitam dapat melepaskan endorfin beta, yang merupakan neuro-kimia untuk membuat pikiran lebih rileks. Jika Anda melakukan itu, dampak baiknya ialah bisa mengurangi risiko stres. Di samping itu, cokelat hitam juga kaya akan serotonin, zat kimia yang secara alami ada di jaringan otak. Serotonin tersebut memiliki sifat anti-depresan yang mengurangi perasaan gelisah yang tentu mengganggu.

4. Menjaga keseimbangan hormon

Biji kakao mentah sangat kaya zat besi, kalsium, seng, mangan dan potasium. Mineral ini bertindak sebagai ko-enzim dan faktor mikronutrien untuk menjaga keseimbangan hormonal. Di samping itu, fungsi lain dari nutrisi cokelat hitam ialah untuk memperbaiki kualitas sperma dan sel telur, supaya tidak gagal saat melakukan proses pembentukan janin di awal kehamilan.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close