Tinggi Gelombang di Perairan Bengkulu Mencapai 7 Meter, BMKG Keluarkan Peringatan Dini


Lia Cikita 2018-07-06 21:56:32 Nasional 50 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Bengkulu, Kabar28.com,  - Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang mencapai 7 meter, di perairan Bengkulu - pulau Enggano Kecamatan Enggano Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu hingga Samudera Barat Hindia Bengkulu, Jumat (6/7/2018).

Sementara arah angin di wilayah perairan Bengkulu - Enggano dan Samudera Hindia Barat Bengkulu, berhembus dari timur ke selatan dengan kecepatan angin dari 05 hingga 22 KT. Di mana kondisi cuaca di perairan Bengkulu - Enggano, diprediksi di landa hujan ringan dan di Samudera Hindia Barat Bengkulu dengan cuaca berawan.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno, Winda Ayu Kusumawati menjelaskan, gelombang tinggi di perairan Bengkulu di picu adanya tekanan tinggi (hight pressure) dari wilayah Australia.

Sehingga, sampai Winda, menyebabkan angin kencang di wilayah perairan Bengkulu hingga samudera Hindia Barat Bengkulu. Di mana hal tersebut yang memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan Bengkulu.

''Gelombang tinggi diprediksi bakal terjadi hingga tiga hari kedepan,'' kata Winda.

''Nelayan di perairan Bengkulu di imbau untuk waspada,'' imbau Winda.

Sementara prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu, BMKG Bengkulu memprediksi enam kabupaten bakal di landa hujan lokal, pada siang, sore dan malam hari. Enam daerah itu Kabupaten Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Untuk empat kabupaten/kota, seperti Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur, di prediksi cerah, cerah berawan dan berawan.

Untuk suhu di 10 kabupaten/kota di provinsi berjuluk ''Bumi Rafflesia'' ini dari 21 hingga 32 derajat celcius. Sementara rerata kecepatan angin di seluruh daerah di Bengkulu dari 10 km/h hingga 20 km/h.

''Sejumlah daerah di Bengkulu diprediksi di landa hujan lokal. Untuk kecepatan angin masih normal,'' pungkas Winda.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close