2.000 Orang dari Bekasi Akan Berangkat ke Jakarta Ikut Aksi 67


Lia Cikita 2018-07-05 22:08:20 Nasional 37 kali

Massa dari Bekasi siap ikut aksi 67 (Foto: istimewa)

Bekasi, Kabar28.com, - Massa Front Pembela Islam (FPI) berencana menggelar Aksi Bela Keadilan atau aksi 67, pada Jumat 6 Juli 2018 esok. Aksi akan dilaksanakan usai Salat Jumat di Masjid Istiqlal yang dijadikan titik kumpul massa.

Tokoh pemuda Islam Bekasi, Azwar Anas menyebut, peserta aksi esok hari diperkirakan mencapai ribuan yang seluruhnya berasal dari Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten.

"Diperkirakan dari Bekasi sekitar 2.000 peserta. Untuk titik kumpul di Bekasi mengalir saja. Masing-masing berangkat menuju Istiqlal dan Salat Jumat, serta longmarch menuju Kemendagri," kata Azwar. Kamis (5/7/2018).

Menurutnya, armada yang akan digunakan para peserta aksi dari Bekasi tidak terpatok dari panitia. Para peserta dipersilakan berangkat menuju lokasi titik kumpul, dengan menggunakan kendaraan masing-masing.

"Ada yang bawa motor, naik angkot dan kereta api. Kita berharap sebanyak-banyaknya. Semakin banyak yang menyuarakan kebenaran dan keadilan, semakin bagus untuk bangsa ini," ujarnya.

Terkait batas waktu aksi, Azwar meyakini bahwa massa akan berlaku tertib dengan melangsungkan aksi sesuai aturan yang telah ditentukan.

"Sesuai aturan yang berlaku, sore sudah pada bubar. Karena ini hanya pesan untuk pemerintah harus adil dan tegas terhadap siapapun yang memecah belah bangsa dan negara," paparnya.

Azwar mengaku sejauh ini tidak ada persiapan khusus yang dilakukan untuk menggelar Aksi Bela Keadilan esok hari. Ia mengklaim, semua persiapan mengalir dengan sendirinya, seiring keyakinan bahwa ketidakadilan telah menimpa umat Islam atas berbagai kasus yang tidak diusut tuntas oleh pihak kepolisian.

"Sebetulnya tidak ada yang dipersiapkan. Ketika ada ketidakadilan, maka dengan sendirinya mereka yang cinta keadilan dan kebenaran akan muncul. Salah satunya Aksi Bela Keadilan besok di Istiqlal berlanjut ke Kemendagri. Ini sangat bagus untuk bangsa ini, masih ada yang mau menyuarakan keadilan, bukti nyata cinta negeri," ujarnya.

"Untuk masalah jumlah, kita tidak bisa tentukan. Karena ini, panggilan hati nurani, ini gerakan alami saja bagi mereka yang terpanggil hatinya untuk menyuarakan keadilan, agar negara ini tetap utuh dan kuat," ujarnya lagi.

Azwar juga mengaku jika Aksi Bela Keadilan telah diketahui oleh Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, Rizieq sangat mendukung aksi tersebut, yang diyakini sebagai bentuk penyuaraan terhadap kebenaran dan keadilan di Tanah Air.

"Imam besar itu dari dahulu senang dengan keadilan, ketegasan dan kebenaran. Beliau itu luar biasa cintanya pada bangsa ini. Jadi siapapun yang menyuarakan kebenaran dan keadilan, beliau suka. Bukan hanya dari Islam saja, tokoh Tiongha yang menyuarakan kebenaran serta pendeta yang peduli kebenaran dan keadilan juga beliau suka," paparnya.

Sekadar diketahui, ajakan Aksi Bela Keadilan disuarakan oleh Ketua Umum FPI, Shobri Lubis melalui video berdurasi 2,5 menit. Aksi esok hari merupakan bentuk tuntutan massa terhadap dugaan pelanggaran oleh Kemendagri, khususnya terkait pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Barat, Irjen Pol M Iriawan.

Selain itu, massa juga menuntut tindaklanjut terhadap sejumlah kasus pelanggaran dan penodaan terhadap umat Islam, di antaranya ancaman pembantaian oleh Viktor Laiskodat dan penghinaan terhadap umat Islam dan pribumi oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Usai melaksanakan Salat Jumat berjamaah, massa akan melakukan longmarch menuju Kantor Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara dan dilanjutkan ke Bareskrim Mabes Polri di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close