Ingin Bebas Jerawat, Lakukan 7 Hal Ini....


2016-12-31 13:19:46 Tips 242 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com - Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang paling umum terjadi pada setiap orang. Pengaruh polusi udara dan debu, makanan yang dikonsumsi serta hormon pada tubuh menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Jika memiliki wajah bersih, mulus dan bercahaya menjadi salah satu resolusi Anda di tahun depan, saatnya Anda melakukan beberapa tips untuk memerangi masalah kulit berjerawat tersebut.

Ucapkan selamat tinggal pada kulit berjerawat dan mulailah berkomitmen dengan beberapa kebiasaan yang harus Anda lakukan agar mendapatkan kulit wajah mulus yang Anda impikan. Seperti yang ditulis dalam situs byrdie.com, Sabtu (31/12) ada 7 hal penting yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang bebas dari masalah jerawat.

1. Lakukan proses pengelupasan kulit wajah

Eksfoliasi adalah bagian yang penting dari proses perawatan kulit, terutama jika kulit wajah Anda berjerawat. Selain rutin membersihkan wajah setiap malam, penting juga melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin misalnya dengan menggunakan scrub atau facial wajah. Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami yang mengandung asam glikolat, AHA & BHA serta enzim seperti labu, pepaya dan nanas. Lakukan perawatan eksfoliasi kulit wajah selama 3 hari berturut-turut dan istirahat di 3 hari berikutnya.

2. Jaga kulit wajah tetap lembap sepanjang hari

Selain rutin membersihkan wajah setiap hari, Anda juga perlu menjaga kulit wajah Anda tetap lembap serta melindunginya dari kerusakan akibat bahaya sinar matahari. Gunakan pelembap wajah yang mengandung SPF untuk menjaga kulit tetap mulus. SPF pada pelembap yang Anda pakai di siang hari juga mampu membantu mencegah timbulnya jerawat.

3. Hindari menyentuh jerawat dengan jari Anda

Rasa gatal yang muncul pada jerawat memang bisa membuat Anda tergoda untuk menyentuhnya, bahkan memencet jerawat sendiri. Padahal menyentuh jerawat dengan jari tangan justru membuat bakteri penyebab jerawat menyebar dan jerawat semakin memerah dan bengkak. Selain itu, memencet jerawat dengan jari tangan dapat menimbulkan noda beksa jerawat serta jaringan parut permanen pada wajah.

4. Merawat kulit wajah dari dalam

Tak hanya merawat kulit wajah dari luar saja, tapi Anda juga harus merawatnya dari dalam. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti susu dan santan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin seperti sayur-sayuran, jus dan buah-buahan. Selain itu, rajinlah minum air putih setiap hari agar kulit tetap lembap dan terhidrasi secara alami.

5. Jangan lupa menghapus sisa makeup

Sesibuk-sibuknya Anda bekerja seharian di luar rumah jangan lupa untuk tetap membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, hindari menggunakan makeup saat berolahraga, ya. Karena berolahraga sambil menggunakan makeup dapat memperburuk kondisi kulit Anda yang berjerawat. Jadi, sebaiknya rajinlah membersihkan wajah Anda untuk mencegah pori-pori tersumbat.

6. Cukup tidur setiap malam

Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa stres dan kurang tidur adalah faktor penyebab timbulnya jerawat. Jadi, sebaiknya hindari begadang setiap hari dan tidurlah dengan waktu cukup selama 8 jam setiap malam. Hal ini juga untuk membantu regenerasi kulit dan membuatnya tampak lebih sehat.

7. Jangan hanya mencuci wajah

Tidak hanya wajah saja yang perlu Anda perhatikan, namun hal-hal kecil lain seperti handuk, bantal dan seprai Anda pun harus tetap dijaga kebersihannya. Pastikan Anda selalu mengganti handuk, bantal dan seprai Anda setiap minggu untuk menghindari menempelnya kuman penyebab jerawat pada barang-barang tersebut.

Sumber : Liputan6.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close