Anies Ganti Lima Wali Kota dan Bupati Kepulauan Seribu


Mutiara Safitri 2018-07-05 13:25:10 Nasional 34 kali

Anies Baswedan (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan perombakan pucuk pimpinan di tingkat kotamadya/kabupaten. Gubernur Anies Baswedan siang ini dijadwalkan melantik lima Wali Kota Admnistrasi dan Bupati Kepulauan Seribu.

"Nanti pelantikan Insyaallah akan dilakukan. Kita nanti akan mengumumkan sesudah semuanya siap," ujar Anies singkat seusai groundbreaking pengembangan RSKD Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (5/7/2018). 

Anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta Gembong Warsono membenarkan adanya pelantikan lima Wali Kota dan Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu siang ini. Gembong mengaku sudah ada pembahasan mengenai nama-nama calon wali kota dan bupati dengan pimpinan DPRD dan sudah disetujui.

"Sudah (dibahas). Kemarin sore sudah ada pembahasan di lantai 10 (ruang kerja Ketua DPRD DKI Prasetio Edi) untuk menindaklanjuti usulan Gubernur, dan kami sudah sepakat," ujar Gembong saat dikonfirmasi.

Adapun kelima wali kota yang akan dilantik Kamis siang ini, yaitu Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Pusat menggantikan Mangara Pardede yang memasuki masa pensiun.

Kemudian Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Syamsuddin Lologau akan dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Utara. Syamsuddin akan menggantikan Husen Murad yang akan dilantik menjadi Bupati Kepulauan Seribu.

Kemudian mantan Wali Kota Jakarta Utara yang mundur di era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Rustam Effendi, akan dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Barat. 

Selanjutnya Wali Kota Jakarta Selatan yang akan dilantik yakni Marullah, yang sebelumnya dari Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Sementara Wakil Wali Kota Jakarta Timur M Anwar akan dilantik menjadi Wali Kota Jakarta Timur.

Soal alasan pencopotan Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah, Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi dan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Gembong mengaku tidak mengetahui. 

Namun yang pasti kata Gembong, ketiga orang tersebut belum memasuki masa pensiun. "Sepertinya (mereka) belum pensiun deh. Pak Tri juga belum (pensiun)," ucap dia.

Gembong berharap adanya perombakan wali kota dan bupati dapat menterjemahkan kebijakan di lapangan. "Kalau tidak bisa kan ya tidak ada percepatan pembangunan," tuturnya.

Berikut nama-nama wali kota/bupati yang akan dilantik:
1. Bayu Megantara sebagai Wali Kota Jakarta Pusat
2. Saefuddin Lologau sebagai Wali Kota Jakarta Utara
3. M Anwar sebagai Wali Kota Jakarta Timur
4. Rustam Effendi sebagai Wali Kota Jakarta Barat
5. Marullah sebagai Wali Kota Jakarta Selatan
6. Husen Murad sebagai Bupati Kepulauan Seribu

Sumber : sindonews.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close