KM Lestari Maju Karam, Menhub: Ada Indikasi Kapal Kelebihan Muatan


Lia Cikita 2018-07-04 17:18:56 Nasional 63 kali

Menteri Perhubungan Budi Karya Sudirman saat menggelar konferensi pers di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Rabu (4/7/2018). (Foto : istimewa)

Makasar, Kabar28.com, - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui ada kesalahan pada jumlah muatan di KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hal itu diungkapkan Budi saat menggelar konferensi pers di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Rabu (4/7/2018).

Ia mengatakan, informasi yang diperoleh dari TNI-Polri serta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) belum formal. Sehingga pihaknya saat ini masih menunggu informasi lebih lanjut.

"Kita masih menunggu karena belum bisa menyampaikan secara khusus nanti sore kita akan di kasih angkanya," ujar Menhub.

Ia mengakui bahwa jumlah penumpang di KM Lestari Maju melebihi dari jumlah yang ada di manifest. Menteri Perhubungan akan memberikan sanksi kepada otoritas pelabuhan syhabandar yang ada di Selayar.

"Tapi memang ada indikasi melebih jumlah dari manifest makanya saya tunggu datanya. Tapi memang ada kesalahan. Manifest itu kita tahu ada 139. Nah itu melebihi. Selebihnya itu kita menunggu sampai sore ini," tuturnya.

Kesalahan itu, kata Budi, terjadi di Syahbandar. "Nah tentunya para petugas petugas itu tidak menjalankan amanat sesuai undang-undang dan kesalaham tidak mengikutu jumlah manifest," ungkapnya.

Menhub juga memerintahkan pihak berwenang untuk mengklarifikasi kelengkapan surat dari setiap kapal di pelabuhan. Klarifikasi, jelas Menhub, juga harus dilakukan untuk memastikan jumlah korban yang saat ini masih simpang siur.

"Jadi kami akan berikan sanksi. Kronologi kapal saya belum bisa menyampaikan, semua korban akan ditanggung semua biayanya. Jadi oleh karenanya pak Ketua KNKT saya tugakan stay di Selayar," ungkapnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close