Nuklir Bisa Jadi Alternatif Penuhi Listrik di Indonesia


Arie Perdana Putra 2018-07-04 15:17:27 Palembang 61 kali

Simposium energi terbarukan

PALEMBANG, Kabar28.com,- Universitas Sriwijaya dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), melaksanakan Simposium Energy Terbarukan Nuklir (SENTEN), Rabu (4/7/2018).

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, teknologi energi nuklir dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik nasional. "Namun butuh komitmen dan waktu yang panjang, konsistensi, capacity bulding, dan sosialisasi yang harus terus dilakukan kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya, saat ini energi nuklir masih dijadikan pilihan terakhir dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. "Kondisi ini menyebabkan perkembangan perkembangan pemanfaatan energi nuklir untuk listrik di Indonesia masih kurang menggembirakan," ujarnya.

Lanjutnya, Indonesia memiliki potensi besar untuk dapat memenuhi kebutuhan akan energi secara mandiri terutama sumber daya uranium.

"Indonesia memiliki 100 Doktor dalam bidang nuklir dan siap  membangun serta mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) secara mandiri," jelas Djarot.

Bahkan menurut dia, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam uranium sebesar 70.000 ton yang tersebar di wilayah Kalimantan barat, Bangka dan Mamuju. Untuk riset yang dilakukan di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta sudah mencapai tahap desain.

"Kita telah melakukan kerjasama triple helix atau kerjasama dengan beberapa pihak, seperti Universitas atau local perusahaan lokal demi mengembangkan potensi uranium," pungkasnya. (ant/ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close