Islah Corie: Minat Masuk ke Sekolah Negeri dan Swasta Sama-sama Tinggi


Arie Perdana Putra 2018-07-03 12:49:06 Pendidikan 171 kali

Kadin Dikbud OI Islah Corie

INDRALAYA, Kabar28.com,- Peran orang tua untuk mengarahkan anaknya dalam memilih sekolah sangat penting. Ada yang memilih masuk sekolah negeri dan harus melewati test, ada juga yang cenderung ke Pondok Pesantren. 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ogan Ilir (OI), Islah Corie mengatakan, kecenderungan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri maupun ke swasta sama tinggi.

"Untuk penerimaan di sekolah negeri, misalnya SMP negeri tergantung kuota di sekolah tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan dan fasilitas sekolah, makanya penerimaan siswa dilakukan melalui test terlebih," katanya, Selasa (3/7/2018).

Namun lanjut Islah Corie,  terutama di Kabupaten OI,  kecenderungan orang tua memasukkan anaknya ke sekolah swasta minatnya juga sama dengan ke sekolah negeri. "Terutama memasukkan anaknya ke pesantren, apalagi di OI banyak sekali terdapat pesantren," ujarnya. 

Sementara itu, menurut Kepala SMPN 1 Tanjung Batu, Hj. Naziro, pihaknya pada tahun ajaran 2018-2019 menerima 252 peserta didik baru melalui test. "Namun, bagi 10 siswa SD yang nilainya tinggi dari sekolah SD tersebut bisa masuk SMP tanpa test," katanya.

Senada, Wakil Kepala SMA Nurul Yaqin Tanjung Batu, Suryanto mengakui untuk tahun ajaran 2018-2019 peminat daftar dan masuk di SMA Nurul Yaqin jauh meningkat dibanding tahun lalu.

"Hingga hari ini mencapai 150 peserta didik baru, sementara untuk MTs Nurul Yaqin mencapai 60 peserta didik baru," tuturnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close