Ekstrak Daun Mangga Bisa Jadi Obat Pasien Diabetes?


Lia Cikita 2018-07-02 19:37:18 Kesehatan 52 kali

Ilustrasi (Foto : istimewa)

Kabar28.com, - Peninggalan obat China kuno selalu memanfaatkan ramuan tanaman yang masih dipergunakan hingga sekarang. Salah satunya ramuan ekstrak daun mangga yang diklaim dapat sembuhkan diabetes.

Namun sayangnya, tidak banyak orang tahu akan manfaat ini karena metode pengobatan sudah semakin modern. Sehingga pasien lebih mengandalkan pengobatan dari dokter yang sudah mutakhir.

Padahal ekstrak daun mangga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati diabetes serta asma. Itu karena daun mangga punya banyak nutrisi yang bermanfaat.

Teori ini sebenarnya didukung oleh penelitian, yang dilakukan pada tahun 2010 dengan menggunakan tikus. Hewan pengerat tersebut diberi ekstrak daun mangga menyerap glukosa lebih sedikit, yang akhirnya menurunkan kadar gula darah mereka.

Sementara itu, ekstrak daun mangga dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh Anda. Selain itu, manfaatnya dapat meningkatkan distribusi glukosa, yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah Anda.

Daun mangga juga kaya akan banyak nutrisi, seperti pektin, serat dan vitamin C. Fungsinya membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Beberapa pasien komplikasi juga mencegah kondisi memperburuknya kesehatan.

Daun ini juga dikenal untuk meringankan gejala diabetes, yang menyebabkan seseorang sering buang air kecil di malam hari, penglihatan kabur dan penurunan berat badan yang berlebihan. Jika gejalanya dibiarkan akan semakin memperburuk kondisi yang serius.

Satu lagi yang terpenting, daun mangga kaya antioksidan sama seperti buahnya. Anda pun bisa mengonsumsi buahnya untuk mendapat manfaat yang lebih.

Bagi penderita diabetes aman-aman saja jika sering makan buah mangga. Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit berbahaya.

Untuk membuat ramuan ini, rebuslah sekira 15 daun mangga segar dalam 100-150 ml air. Biarkan ramuan rebusan itu dalam semalam dan minum sebelum sarapan di pagi hari. Coba konsumsi setiap hari selama sekitar tiga bulan untuk membuktikan manfaatnya.

Namun tetap jangan cuma mengandalkan ekstrak ramuan ini untuk menstabilkan kesehatan. Tetap berkonsultasilah dengan dokter untuk mengontrol kondisi tubuh supaya tidak membahayakan. Demikian dilansir Timesofindia, Senin (2/7/2018).

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close