270 PKL dan 47 Restoran Dipetakan


Arie Perdana Putra 2018-07-02 12:38:01 Palembang 33 kali

Kepala BBPOM Kota Palembang dan Staf

PALEMBANG, Kabar28.com,- Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang melakukan pemetaan kuliner pada 270 Pedagang Kaki Lima (PKL) dan 47 Restoran.

Antara lain di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC), sepanjang jalan Plaju-Kertapati, tepian sungai Musi, Kampung Pempek 26 llir, Lorong Basah Night Culinary, Restoran-restoran dan toko penjual pempek. 

Kemudian untuk pemeriksaan keamanan pangan terhadap produk yang dijual menggunakan test kit Formalin, Borax, Rhodamin B dan Methanil Yellow, stikerisasi pangan aman untuk pedagang kuliner di beberapa titik di Kota Palembang. 

Kepala BBPOM Kota Palembang, Dewi Prawitasari mengatakan, penempelan stiker dilakukan terhadap 20 tenant pempek dan mie celor di lokasi tersebut.

"Sebelumnya kita sudah Sidak, nanti dilakukan uji lab bahaya kimia, karena makanan tidak boleh mengandung formalin, boraks dan rhodamin. Tidak boleh ada bahaya fisik seperti rambut, kerikil dan stemples," katanya.

Lanjutnya, pihaknya tetap melakukan pemantauan. Kalau ke depan ditemukan bahan berbahaya maka stiker dibuka. Bagi yang belum mendapatkan stiker bisa mengajukan stikerisasi. Jadi setiap seminggu sekali melakukan stikerisasi, diharapkan seluruh selesai sebelum Juli.

"Stikerisasi pangan aman dilanjutkan di Lorong Basah Night Culinary. Stikerisasi pangan aman akan dilanjutkan ke seluruh sarana yang telah dipetakan di 48 tenant yang menjual kuliner khas Palembang dan kuliner lainnya yang ditempeli stiker keamanan pangan oleh BBPOM Palembang," pungkasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close