Tengarai Banyak Kecurangan, SBC Minta Pilgub Ulang


Arie Perdana Putra 2018-07-01 17:23:26 Palembang 195 kali

SBC saat di kantor Bawaslu Sumsel

PALEMBANG, Kabar28.com,- Lembaga pemantau Pemilu Sumsel Budget Center (SBC), menyambangi kantor Bawaslu Sumsel, Minggu (1/7/2018) dini hari tadi.

Kedatangan mereka guna memberikan laporan adanya indikasi kecurangan dihampir semua TPS di Kota Palembang, khususnya pada pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel. Bahkan, jika hal tersebut terbukti bisa saja terjadinya Pemilihan Suara Ulang (PSU).

Dikatakan Ketua SBC Abdul Haris, hingga saat ini dirinya bersama rekan tetap terus memantau Pilkada di Sumsel meski hari pencoblosan telah usai. Pihaknya cukup banyak mendapati kecurangan hampir di seluruh Sumsel khususnya Palembang.

"Jika ditemukan maka kami akan laporkan. Harapannya jika indikasi pelanggaran maka harus dilakukan penindakan tegas, harus diproses," ucapnya.

Ketika disinggung apakah bisa terulang kambali kejadian PSU seperti Pilkada periode lalu dengan banyaknya ditemukan kecurangan, Haris menuturkan hal itu bisa saja, karena Bawaslu selaku pengawas punya kewenangan merekomendasikan ke KPU jika memenuhi syarat.

"Salah satu syaratnya jika terjadi kerusuhan saat ini seperti di Lahat dan Empat Lawang, jika memenuhi syarat dan mengganggu Pilgub maka bisa saja dilakukan PSU," jelasnya.

Kejadian yang dilaporkan saat ini, sambungnya, terkait dugaan indikasi kecurangan di seluruh TPS di Palembang.

"Kami melaporkan salinan DPT tidak diberikan kepada seluruh saksi Paslon. Lalu mengenai isu DPT ganda di Palembang, kami berinisiatif memberikan laporan ke Bawaslu terkait hal itu. SBC akan terus memverifikasi terkait Pilgub Sumsel khususnya di Palembang," pungkasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close