Drainase Buruk, Pemukiman Warga Jadi Langganan Banjir


Arie Perdana Putra 2018-07-01 14:18:49 Prabumulih 64 kali

Pemukiman warga terkena banjir

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Diguyur hujan deras selama hampir dua jam, pemukiman warga di kawasan RW 01, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih terendam banjir, Sabtu (30/6/2018) kemarin. 

Tak hanya membuat sejumlah kendaraan motor milik warga mogok dan harus didorong untuk diperbaiki akibat hujan deras terjadi yang menggenangi jalan di kawasan tersebut, namun juga air hujan setinggi 50 sentimeter hingga 1 meter itupun melanda sebagian rumah warga sehingga menghambat aktivitas warga.

Menurut Tono (45) salah seorang warga sekitar lokasi tersebut menuturkan, rumahnya terendam akibat hujan deras yang terjadi sejak pukul 15.30 WIB sore. Dikatakannya, jika air masuk ke dalam rumah miliknya itu karena drainase yang ada di samping tempat tinggal mereka tidak bisa menampung debit air hujan tersebut.

“Kalau sekarang airnya sudah mulai surut, tapi banyak barang-barang kami jadi rusak akibat basah terendam air hujan ini dek,” ujarnya ketika dibincangi di lokasi sekitar rumahnya itu.

Ia pun berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih agar meninjau ulang atau memperbaiki sistem drainase di wilayah tempat tinggal mereka tersebut. Lantaran, kata dia setiap hujan deras air meluap dan menggenangi badan jalan dan bahkan masuk ke dalam rumah warga.

“Lihat sendiri saja kondisinya sekarang, hujan sudah redah tapi air didalam rumah masih setengah meteran. Sebetulnya ini sudah lama terjadi. Tapi mau gimana lagi, kata pihak pemerintah waktu dulu mau diperbaiki, tapi sampe sekarang belum juga,” kata dia seraya mengatakan selaku warga dirinya hanya bisa menunggu tindaklanjut dari Pemkot Prabumulih.

Hal yang sama juga dialami Indah Putri (23) seorang Ibu Rumah Tangga yang baru menikah serta baru beberapa bulan terakhir menempati sebuah rumah kontrakan di sekitar lokasi Perumnas Vina Sejahtera RW08, Gunung Ibul. Ia pun mengaku terpaksa menaikkan semua barang-barang dalam rumahnya ke tempat yang tinggi karena air masuk ke dalam rumah akibat hujan deras.

“Di sini juga banjir bang, ini kami lagi sibuk angkat barang-barang ke tempat lebih tinggi agar tidak basah. Tadi sewaktu masih hujan itu yang selalu bikin kami khawatir, sebab air hujanyang masuk ke rumah semakin lama semakin tinggi, sehingga banyak perabotan rumah tangga dan baju-baju kami yang basah kena air,” bebernya.

Lebih lanjut disebutkan dia, jika saat hujan deras melanda di kawasan itu, dapat dipastikan banjir sering kali terjadi tiap kali hujan turun akibat saluran air yang tersumbat. Ia pun menyesalkan perilaku warga yang membuang sampah sembarangan, sehingga membuat got-got dan aliran anak sungai kelekar  disekitar lokasi itu menjadi tersumbat.

Selain itu, sambung Indah, warga juga meminta agar kali yang dibangun harus lebih diperlebar dan diperdalam, sehingga mengurangi banjir yang sering terjadi. "Kami minta kalau bisa agar Pemkot ini lebih memperlebar dan memperdalam sungai yang ada,” terangnya.

Sementara itu, pantauan di lokasi akibat hujan deras di sebagian wilayah kota Prabumulih khususnya di lokasi RW01, RW08 Kelurahan Gunung Ibul yang turun sejak pukul 15.30 WIB, sejumlah ruas jalan sekitar lokasi terendam air akibat drainase tidak bisa menampung debit air. Adapun lokasi yang terendam air adalah kawasan Jalan Padat Karya, Jalan Sumatera serta Jalan-Jalan yang berada di dalam pemukiman warga sekitar. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close