1.637 Pemilih di Kota Baubau Ikuti Pemungutan Suara Ulang


Arie Perdana Putra 2018-07-01 10:37:35 Nasional 43 kali

Sebagian warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara kembali melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 5 TPS yang direkomendasikan oleh Bawaslu Sulawesi Tenggara, Minggu (1/7/2018).(foto:istimewa)

BAUBAU, Kabar28.com,- 1.637 warga Kota Baubau, Sulawesi Tenggara melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di lima tempat pemungutan suara (TPS) yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Tenggara, Minggu (1/7/2018).

PSU ini kembali dilakukan akibat kesalahan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang membuka kotak surat suara tanpa melalui prosedur Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018.

"PSU ini memang sudah tepat. Hanya menurut saya diproses dulu letak kesalahan apa, sehingga bisa diulang kembali, siapa tahu kesalahan satu TPS setelah jatuh palu, bisa secara keseluruhan diulang," kata seorang warga usai mengikuti PSU, La Ode Kirami, Minggu (1/7/2018).

PSU dimulai sekitar pukul 07.00 Wita yang disaksikan langsung perwakilan dari KPU, Panwas, dan saksi dari pasangan calon.

Hal ini untuk mengantisipasi kesalahan prosedur kembali yang dilakukan oleh petugas KPPS.

Terlihat sekitar dua personel Polres Baubau dan lima anggota Brimob Polri melakukan pengamanan di sekitar TPS.

Ketua KPUD Baubau Edi Sabara mengatakan, untuk di Kota Baubau yang melakukan PSU adalah namanya yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT), Daftar Pemilih Pindahan, dan Daftar Pemilih Tambahan di lima TPS tersebut.

"Ada lima TPS (yang lakukan PSU), empat TPS untuk pemilihan wali kota dan gubernur, serta satu TPS untuk pemilhan gubernur," ujar Edi.

Ia menambahkan, pihaknya telah memberikan bimbingan teknis kepada KPPS agar selalu mengikuti Peraturan KPU.

Dari lima TPS tersebut, terdapat sekitar 1.637 wajib pilih mengikuti pemungutan suara ulang di Kota Baubau.

PSU tidak saja di Kota Baubau namun juga dilaksanakan di Kabupaten Buton dan Buton Selatan.

Ada 11 TPS di Kabupaten Buton untuk dilakukan PSU pemilihan gubernur. Sedangkan di Kabupaten Buton Selatan terdapat tujuh TPS untuk pemilihan gubernur.

sumber:kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close