Gubernur DKI Akan Undang Wali Kota Jabodetabekjur Terpilih Usai Mereka Dilantik


Lia Cikita 2018-06-29 17:07:38 Nasional 52 kali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengundang wali kota dari sejumah daerah yang mengikuti Pilkada serentak lalu. (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengundang wali kota dari sejumah daerah yang mengikuti Pilkada serentak lalu.

Hal ini berkaitan dengan posisi Anies yang merupakan Ketua Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur).

"Betul saya Ketua BKSP dan kita akan undang sesuai mereka dilantik semua untuk pertemuan di sini," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (29/6/2018).

Nantinya, Anies akan menyampaikan apa saja yang menjadi kesepakatan BKSP Jabodetabekjur bersama pemerintahan periode sebelumnya. Dengan demikian, kepala daerah terpilih pada periode baru juga bisa mengetahui rancangan utamanya.

Anies mengatakan, tidak ada perbedaan terkait pergantian kepala daerah tadi. Menurut dia, pergantian semacam ini adalah hal yang normal.

"Saya rasa ini sesuatu yang normal. Di semua organisasi selalu ada rotasi, selalu ada pergantian. Itu bagian dari kenormalan kehidupan," ujar Anies.

Beberapa wilayah Jabodetabekjur memang mengikuti Pilkada serentak. Wilayah yang ikut pilkada adalah Kota Bogor, Kota Bekasi, dan Kota Tangerang.

Anies didaulat menjadi Ketua BKSP Jabodetabekjur menggantikan Gubernur Banten Wahidin Halim pada awal tahun ini.

Keberadaan BKSP Jabodetabekjur dibentuk berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 1976 tentang Pengembangan Wilayah Jabotabek.

Dalam inpres tersebut disebutkan tujuan dibentuknya BKSP adalah untuk membina pola permukiman penduduk dan penyebaran kesempatan kerja lebih merata atas dasar kebijakan pemerintah, serta penyerasian perencanaan pengembangan wilayah Jabotabek.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close