Urus Surat Keterangan Nikah, Lurah Patok Tarif Rp100 Ribu


Arie Perdana Putra 2018-06-29 00:00:31 Prabumulih 207 kali

Dedi Saputra saat berada di Kantor Lurah Pasar II

PRABUMULIH, Kabar28.com,- Urus surat keterangan pengantar nikah ke Kantor Urusan Agama (KUA), Lurah Pasar II, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih patok tarif Rp100 ribu. 

Hal itu terkuat setelah adanya laporan dari calon mempelai pria, Dedi Saputra (31) warga Palembang yang hampir menjadi korban pungli oleh Satria Jaya, Lurah Pasar II. 

Dedi mengatakan, aksi minta uang itu terjadi saat dirinya bersama calon mempelai wanita Fitri (25), akan mengurus Form Surat Keterangan Nikah (Model N-1), Surat Keterangan Asal Usul (N-2), Surat Persetujuan Mempelai (N-3) dan Surat Keterangan tentang Orang Tua (N-4), Dikantor lurah tersebut, Kamis (28/6/2018).

"Usai form tersebut ditanda tangani dan dicap basah, beliau (Lurah-red) meminta uang Rp100 ribu. Namun saat itu uang saya tidak cukup dan hanya ada Rp 50 ribu, tetapi lurah tersebut menolak dan menyarankan saya pulang untuk mencukupi nominal Rp 100 ribu," kata Dedi kepada media.

Dedi juga menyebut, saat itu sempat terjadi tawar menawar tarif administrasi antara dirinya dan oknum lurah. 

"Sempat saya tawarkan sebungkus rokok, namun pak lurah itu menolak dan bersikeras meminta uang Rp100 ribu. Lurah itu juga mengatakan, coba kamu tanya ke seluruh Lurah di Prabumulih tarif administrasinya Rp100 ribu," kata Dedi, seraya menirukan gaya bicara Lurah.

Mendengar ucapan tersebut sambung Dedi, dirinya lantas meninggalkan Kantor Lurah dan mengancam akan melaporkan percobaan pungli tersebut ke pihak terkait. 

"Sambil meninggalkan Kantor Lurah, saya sempat mengatakan kepada pegawai di sana, bahwa saya akan melaporkan percobaan pungli itu ke pihak berwajib," jelas Dedi. 

Tak lama berselang lanjutnya, ada petugas dari Kelurahan yang menghubungi. "Untuk kembali dan mengambil menyerahkan form atau berkas yang sebelumnya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp100 ribu rupiah," pungkasnya. (old)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close