Jokowi dan Presiden Timor Leste Bahas Kerja Sama Konektivitas


Lia Cikita 2018-06-28 16:02:10 Nasional 66 kali

Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo (Foto : istimewa)

Bogor, Kabar28.com,  - Indonesia dan Timor Leste sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang konektivitas kedua negara.

Dalam pernyataan pers di Ruang Teratai, Istana Presiden Bogor, Kamis (28/6/2018) siang, Presiden Joko Widodo mengatakan, salah satu bentuk kerjasama di bidang ini, yakni pembangunan Jembatan Motaain.

"Kerja sama konektivitas yang dibahas, antara lain penyelesaian pembangunan jembatan Motaain yang menghubungkan Motaain dengan Batu Gading," ujar Jokowi.

Jembatan Motaain merupakan akses penghubung antara wilayah Indonesia dengan Timor Leste. Jembatan ini biasa digunakan masyarakat kedua negara untuk urusan perdagangan.

Melalui kesepakatan ini, pembangunan jembatan simbol hubungan baik kedua negara tersebut akan segera terlaksana.

Selain pembangunan jembatan, Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo juga mengapresiasi dibukanya rute penerbangan antara Kupang, Nusa Tenggara Timur ke Dili, Timor Leste.

Bahkan, setelah rute tersebut dibuka, ada permintaan dari maskapai penerbangan untuk menambah slot penerbangan.

"Sementara untuk konektivitas di darat, Perum Damri juga sudah siap menambah konektivitas darat dengan menjadi operator rute dari Kupang ke Dili," kata Jokowi.

Selain soal peningkatan konektivitas, Indonesia dan Timor Leste juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan pembangunan kapasitas.

"Indonesia menyambut baik keinginan besar pelajar dan mahasiswa Timor Leste untuk melanjutkan studi di Indonesia," kata Jokowi.

Sumber : kompas.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close