Debat Publik Pilgub Sumsel Masih jadi Ajang Saling Sindir


Arie Perdana Putra 2018-06-22 11:56:03 Palembang 116 kali

Pasangan cagub-cawagub Sumsel 2018

PALEMBANG, Kabar28.com,- Debat publik Pilgub Sumsel pada Kamis (21/6/2018) malam, membahas program pembangunan Sumsel ke depan, dan juga dipenuhi ajang saling sindir sesama Paslon.

Debat dimulai dengan pertanyaan sekitar rencana pembangunan Sumsel ke depan, yang dirasakan selama ini masih sangat jauh dari harapan. Terlebih lagi diawali dengan visi dan misi dari pasangan calon Gubernur nomor urut 1 Herman Deru-Mawardi Yahya (HD-MY) yang memaparkan bahwa, untuk membangun Sumsel haruslah dengan membangun ekonomi kerakyatan terlebih dahulu dari berbagai aspek ekonomi seperti perkebunan, pertanian, dan pertambangan dengan memperhatikan infrastruktur jalan yang dibutuhkan.

"Untuk mengurangi jumlah penggangguran maka baiknya menarik investor dari luar ataupun dalam negeri, untuk bekerjasama dengan syarat menggunakan tenaga kerja asli Sumsel sehingga membawa manfaat bagi masyarakat Sumsel itu sendiri," tegas HD.

Di tempat yang sama Paslon nomor urut 2 Aswari Rivai-Irwansyah juga mengungkapkan, ditengah menurunnya harga karet saat ini cukup membuat petani karet merasakan penurunan ekonomi secara drastis didaerah penghasil karet.

"Sarus segera dicari alternatif sumber ekonomi baru seperti hasil dari sektor pertambangan batubara, dimana umsel memiliki potensi besar dalam menghasilkan batubara," urai Aswari.

Diakui aswari, memang selama ini pengelolaannya dirasa masih sangat kurang mulai dari kemacetan dan kerusakan jalan yang disebabkan kendaraan pengangkut batubara, namun dirinya berjanji jika terpilih menjadi Gubernur Sumsel periode 2018-2023 akan memberikan alternatif baru jalur transportasi pengangkut batubara seperti melalui jalur sungai.

Tidak mau ketinggalan Paslon Cagub dan Cawagub nomor urut 3 Ishak Mekki-Yudha Pratomo juga menjelaskan program kerja untuk pembangunan ekonomi Sumsel lima tahun kedepan.

"Jika terpilih nanti saya bersama adinda Yudha Pratomo akan memberikan program khusus untuk mendukung UMKM dan bantuan langsung tunai kepada masyarakat agar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat serta diharapkan menjadi semangat baru dalam mengembangkan usaha," jelas Ishak.

Terakhir Paslon nomor urut 4 Dodi-Giri, pada kesempatan itu juga meyampaikan program kerja jika nanti terpilih menjadi Gubernur Sumsel, mereka berjanji akan berusaha membangun Sumsel jadi lebih baik lagi terutama disektor ekonomi.

"Mulai dari kerjasama dengan investor asing dan beberapa instansi yang siap memberikan pinjaman atau kredit untuk usaha kecil menengah agar dapat berkembang lebih baik lagi," ucap Dodi. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close