KM Sinar Bangun Karam, Istana Sampaikan Duka Cita dan Segera Evaluasi Tata Kelola Pelayaran


Lia Cikita 2018-06-20 16:56:34 Nasional 70 kali

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Kepresiden, Jakarta (Foto : istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,  – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memantau perkembangan dan memonitor penanganan karamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba dari balik meja kerjanya. Apalagi, hingga kini ratusan orang dinyatakan masih hilang.

Melalui Situation Room Kantor Staf Presiden, atas nama pemerintah Moeldoko menyatakan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban tenggelamnya KM Sinar Bangun. Selanjutnya, pemerintah akan melalukan evaluasi terkait dengan tata kelolal pelayaran di Tanah Air.

“Pemerintah bekerja keras menemukan penumpang yang masih hilang. Kejadian ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan keselamatan pelayaran, serta menjadi pelajaran dan evaluasi serius terhadap tata kelola pelayanan transportasi, khususnya angkutan rakyat,” ucap Moeldoko mengakhiri pernyataan tertulisnya, Rabu (20/6/2018).

Sementara, Irjen Pol. Budi Setiyadi menjelaskan bahwa hingga siang ini sudah ditemukan 21 penumpang kapal dengan rute Simalungan-Samosir itu. “Tiga orang perempuan meninggal dunia, dan 18 orang penumpang berhasil diselamatkan,” paparnya.

Saat ini, Basarnas, BPBD, Kepolisian dan berbagai pihak lain masih mencari penumpang yang dinyatakan hilang. “Jumlah penumpang sebenarnya belum bisa dipastikan, karena ini kapal rakyat yang tak ada manifesnya. Transaksi pembelian tiketnya pun masih dilakukan secara manual,” sambung Budi.

Bukan hanya itu, pihaknya juga telah memberikan pengumuman agar masyarakat yang merasa kehilangan sanak saudara dalam musibah ini melapor ke posko pencarian korban. “Sejauh ini sudah ada laporan 140 orang yang dilaporkan hilang. Tapi kami sedang memverifikasi data itu, karena laporan dilakukan di dua posko,” kata Budi Setiyadi.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close